DPRD Ponorogo Kompak Terima Pertanggungjawaban APBD oleh Bupati

By on June 11, 2019 at 8:23 pm 0 237 Views

SINGKAT dan cepat. Inilah yang terjadi pada Rapat Paripurna DPRD Ponorogo tentang Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ponorogo 2018, Selasa(11/6/2019). Rapat paripurna soal pembelanjaan uang negara untuk rakyat di Ponorogo ini hanya berlangsung tidak lebih dari 3 jam dan langsung disahkan.

Kegiatan di Ruang Sidang Utama gedung DPRD Ponorogo ini sebenarnya dijadwalkan berlangsung mulai Selasa (11/6/2019) ini dan berakhir pada Rabu (19/6/2019) mendatang. Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seluruh anggota DPRD Ponorogo yang hadir sepakat untuk membahas dan melalui mekanisme pembahasan raperda sesegera mungkin. Satu hari saja, rapat ini selesai.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (paling kiri) saat menyalami jubir fraksi saat Rapat Paripurna DPRD tentang Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ponorogo 2018, Selasa (11/6/2019) di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (paling kiri) saat memberikan penjelasan pada Rapat Paripurna DPRD tentang Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ponorogo 2018, Selasa (11/6/2019) di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Ponorogo.

Kali ini Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni tidak membacakan seluruh nota pidato yang telah dibawanya. Setelah ditutup, rapat paripurna dilanjutkan dengan rapat paripurna berikutnya. Agendanya pemandangan umum fraksi-fraksi atas pidato bupati.

Ternyata seluruh fraksi menerima pertanggungjawaban bupati Ponorogo untuk APBD 2018 dengan hampir tanpa catatan. Maka rapat diteruskan dengan penandatanganan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 oleh para pimpinan DPRD Ponorogo dan bupati Ponorogo.

“Saya menyambut gembira dengan percepatan pembahasan raperda ini tanpa meninggalkan prosedur yang harus dilalui. Kebetulan kemarin kan banyak raperda yang belum terbahas karena mereka (anggota DPRD Ponorogo) sibuk dengan pencalegan,” ungkap Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni usai rapat paripurna.

“Dengan begitu, kita bisa segera membahas persoalan yang lainnya. Terima kasih kepada DPRD Ponorogo,” imbuh Bupati Ipong.

Suasana Rapat Paripurna DPRD tentang Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ponorogo 2018, Selasa (11/6/2019) di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Ponorogo.

Sementara itu, Ketua DPRD Ponorogo Ali Mufthi mengatakan, sikap DPRD Ponorogo yang kompak menerima laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 ini tidak lepas dari kesamana pemikiran dan pandangan oleh para anggota DPRD atas hal ini.

“Selain itu, kita juga didukung oleh data dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) yang akurat,” kata Ali Mufthi.

Perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemkab Ponorogo pada audit BPK Mei lalu menjadi bukti bahwa pengelolaan keuangan di Kabupaten Ponorogo sangat baik. “Ya kan memang dapatnya WTP. Itu kan bukti kalau pengelolaan keuangannya baik,” kata Ali. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *