Kemeriahan Festival Balon Ponorogo, Jaga Kearifan Lokal dan Tradisi

By on June 12, 2019 at 4:31 pm 0 95 Views

Antusiasme masyarakat Ponorogo dalam acara Festival Balon Ponorogo 2019 yang bertempat di Lapangan Desa Nongkodono menurut pantauan ponorogo.go.id terlihat sejak pukul 05:00 WIB. Ribuan pasang mata menyaksikan keindahan balon udara pada Festival Balon Ponorogo 2019 yang di lombakan pada acara Festival Balon Ponorogo 2019.

Acara ini sudah tahun ketiga dilaksanakan, antusias peserta dari tahun ke tahun meningkat. Pada tahun ini ada 60 peserta yang ikut andil dalam festival balon udara. Tak hanya peserta penonton pun membludak pada waktu acara

Model balon udara dari peserta pun juga bermacam-macam mulai dari Doraemon, Tayo, Reyog, dan masih banyak lagi. Hal itu yang membuat daya tarik para penonton untuk datang ke lapangan Nongkodono.

Marsekal Pertama TNI Widyargo Ikoputra, Komandan Lanud Iswahjudi mengatakan ini merupakan salah satu cara menerbangkan balon udara yang aman bagi penerbangan dan lingkungan. Karena dari Airnav dan Mentri Perhubungan sudah mengatur beberapa peraturan mengenai penerbangan balon udara.

“Aturan-aturan mengenai penerbangan balon udara yang sudah diatur harus dipatuhi,” ungkapnya, Rabu,(12/6/2019).

Ini juga merupakan salah satu kampanye dalam menerbangkan balon yang aman. Karena di dalam festival ini balon udara di tambat dengan tali sehingga balon udara tidak terbang jauh dan bisa terkontrol. Selain itu juga balon udara hanya berisi asap tanpa sumber asap yang dipasang di balon udara.

“Ini merupakan cara menerbangkan balon udara yang aman, kalau semua terlaksana sesuai dengan aturan bisa,” tegas orang nomer satu di Lanud Iswahjudi.

Iko juga berharap acara seperti ini bisa berlanjut karena ini merupakan kearifan lokal di daerah khususnya di Ponorogo.

“Ini merupakan kearifan lokal dan tradisi yang harus dijaga namun harus diatur dengan baik sehingga kalau semua sesuai atuean bisa berjalan dengan baik, dan even ini bisa berlanjut ditahun depan,” harapnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *