Lelang Pembangunan Gedung Baru Pasar Legi Dilaksanakan Setelah Lebaran Ini

By on June 13, 2019 at 5:36 pm 0 183 Views

PEMBANGUNAN gedung baru Pasar Legi Ponorogo dipastikan tetap dilaksanakan pada 2019 ini. Kemunduran jadwal terjadi karena pemerintah pusat masih melakukan revisi untuk beberapa hal terkait pembangunan pasar legendaris ini.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Kamis (13/6/2019) menjelaskan, pembangunan Pasar Legi ini akan 100 persen dibiayai oleh APBN. Artinya seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah pusat. Pihak yang terkait adalah Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Kementerian ini akan melaksanakan seluruh tahapan pembangunan dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasannya.

“Awalnya (rencana Pemkab Ponorogo) memang Januari (2019) sudah mulai (membangun Pasar Legi). November atau Desember (2018) sudah dilelang. Karena diambil alih pusat tapi perencanaan yang dipakai tetap punya kita (dibuat oleh Pemkab Ponorogo). Maka proses itu jadi molor sampai sekarang belum dimulai,” ungkapnya.

“Nah, molornya itu karena perencanaan dari kita itu ada revisi oleh pemerintah pusat. Bahkan sampai empat kali (revisinya). Bahkan lelangnya pun belum,” tuturnya. Dikatakannya, kemungkinan besar setelah lebaran kali ini baru akan dilakukan lelang untuk manajemen konstruksi.

Bupati Ipong menyebut, kalau sudah jadi, gedung baru Pasar Legi akan sangat bagus. Bangunannya berupa gedung empat lantai. Bianya akan mencapi Rp 244 miliar.

“Dan itu 100 persen oleh APBN. Alhamdulillah,” kata Bupati Ipong.

Ia berharap pada Juli atau Agustus mendatang pembangunan sudah bisa dimulai. Dengan demikian pembangunan gedung tersebut baru akan selesai di tahun 2020. “Jadi bukan selesai di akhir 2019, tapi di 2020 nanti,” tukasnya.

Saat ini, para pedagang sudah direlokasi di pasar sementara di lahan eks-RSUD dr Harjono. Proes relokasi dibiayai oleh APBD Ponorogo tahun 2018. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *