Wabup Minta Dinas-Dinas Segera Bahas KUA-PPAS dan P-APBD 2019

By on June 18, 2019 at 3:44 pm 0 233 Views

DINAS-dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Ponorogo diminta segera melakukan pembahasan perubahan anggaran dan berbagai usulan kegiatannya. Hal ini terkait segera habisnya masa jabatan para legislator atau anggota DRPD Ponorogo pada September 2019 mendatang.

Hal ini ditekankan Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno dalam kesempatan bertemu dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Ponorogo. Saat dikonfirmasi ponorogo.go.id, Selasa (18/6/2019), Wabup Soedjarno mengatakan, dorongan ini dilakukan agar pembahasan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan APBD bisa segera dilaksanakan. Dengan begitu, pembahasan raperdanya dan penetapan perdanya bisa dilaksanakan oleh anggota DPRD Kabupaten Ponorogo yang segera habis masa jabatannya.

“Jadi mekanisme tahunan di pemerintahan itu memang sudah terjadwal waktunya. Misalnya kapan waktunya harus ditetapkan perda tentang APBD, perda tentang perhitungan APBD, perda tentang APBD dan dan pembahasan KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara). Sudah ada target waktunya secara nasional,” ungkap Wabup Soedjarno.

Dilanjutkannya, saat ini negara sedang dalam siklus lima tahunan. Yaitu ada pergantian anggota DPRD. Anggota DPRD yang saat ini masih bertugas memiliki kewajiban yang harus diselesaikan.

“Maka tugas itu harus diselesaikan sebelum dilantiknya anggota DPRD yang baru,” ungkapnya. Anggota DPRD yang baru rencananya dilantik 1 Oktober mendatang.

“Kecuali kalau RAPBD 2020. Rencana APBD tahun depan itu bisa dibahas oleh DPRD yang baru. Karena memang pembahasannya sendiri ada di bulan November.  Akhir November masuk ke Mendagri,” imbuhnya.

Dengan demikian, kata Wabup Soedjarno, OPD atau dinas-dinas memang harus menyesuaikan. “Itu keseluruhan saja tanpa kecuali. Sebab semua saling terkait,” tegasnya.

Wabup Soedjarno menyatakan, saat ini sudah ada beberapa OPD yang mulai membahas hal-hal yang dimaksud. Mulai dari KUA PPAS-nya dan APBD-P atau APBD perubahan. Target pembahasan raperda APBD-P 2019 adalah akhir September.

“Jadi masih ada waktu sekitar tiga bulan. Sekian itulah hari kerja untuk melaksanakan semua program. Sudah banyak yang bersedia untuk menyelesaikan pembahasan sebelum berakhirnya masa bakti anggota DPRD yang lama,” tutup Wabup Soedjarno. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *