Bupati Ipong Canangkan Program Ponorogo Bebas Sampah Plastik

By on June 20, 2019 at 8:08 pm 0 326 Views

Dalam peringatan hari lingkungan hidup dunia yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo, yang bertempat di Taman Kehati atau taman Wengker, Kamis (20/6/2019) dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sector mengambil tema “Connect With Nature”.
Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan mencanangkan program Ponorogo bebas sampah plastik. Program ini merupakan implementasi menuju peraturan daerah tentang pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai.

Bupati Ipong Muchlissoni saat memimpin apel hari lingkungan hidup dunia di taman wengker, Kamis (20/6/2019)

“Program ini merupakan implementasi dari peraturan daerah tentang pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai,” ungkapnya.
Ipong juga menjelaskan untuk program Ponorogo bebas sampah plastik sebelum peraturan daerahnya dibuat, sementara menggunakan peraturan bupati dulu.
“Program ini akan segera saya realisasikan, ya paling tidak perbup dulu, karena melihat keberadaan sampah plastik sifatnya sudah urgen, sebab menurut penelitian sampah plastik kalau sudah mencapai 50 tahun tetap menjadi sampah, dan tidak bisa terurai,” jelasnya.
Orang nomor satu di Ponorogo itu nantinya juga akan mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan menggandeng masyakat. Sehingga kedepannya pengelolaan sampah dari tingkat rumah tangga sudah berjalan dengan baik.
“Jika regulasi tentang pembatasan sampah plastik sudah berjalan dengan baik, saya yakin Ponorogo akan bersih dan hijau,” ujarnya.
Saat ini kategori sampah plastik termasuk kemasan dan botol plastik yang mendominasi. Ini merupakan pekerjaan tidak mudah dan pihak Pemerintah yang akan memulai pengurangan memakai plastik.
“Pemerintah akan memulai mengurangi penggunaan plastik dengan cara membawa tas belanja, botol air minum,dan wadah makanan sendiri saat beraktifitas sehari-hari,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *