220 Warga Ponorogo Dapat Kacamata Gratis

By on June 24, 2019 at 2:23 pm 0 162 Views

SUNGGUH beruntung. Inilah kata yang pas bagi 220 warga Ponorogo yang selama ini memiliki masalah dengan penglihatannya. Senin (24/6/2019) pagi hingga siang mereka bisa menjalani pemeriksaan mata tanpa biaya. Lebih beruntung lagi, mereka juga mendapatkan kacamata gratis yang cocok dengan gangguan yang dialami.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Kusdarini, di sela Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis di Gedung Sasana Praja kepada ponorogo.go.id mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ulang tahun Perum Jamkrindo ke-49 bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Ponorogo.

Pinwil Perum Jakrindo Regional Jatim Loesdarwanto (kemeja putih) dan Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini (seragam Linmas) saat melihat stan frame kacamata pada kegiatan Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis di Gedung Sasana Praja, Senin (24/6/2019).

Sejumlah warga saat melakukan pemeriksaan mata pada kegiatan Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis di Gedung Sasana Praja, Senin (24/6/2019).

“Acara bakti sosial BUMN (Badan usaha Milik Negara) ini menyasar warga kita yang punya masalah refraksi (pembiasan) mata. Disediakan pemeriksaan cuma-cuma dan setelah itu mereka akan mendapatkan kacamata secara gratis,” ungkap birokrat yang akrab disapa Irine ini.

Warga yang disasar mencapai 220 sesuai dengan kuota dari Jamkrindo untuk kegiatan ini. Mereka berasa dari 31 puskesmas di Ponorogo. Warga ini diketahui sudah memiliki keluhan refraksi mata sehingga memang membutuhkan kacamata.

“Makanya kali ini mereka yang punya masalah (refraksi) dan masuk kategori warga kurang mampu kita jaring. Ini agar mereka bisa mendapat kacamata dan bisa beraktifitas kembali dengan baik,” ujarnya.

Masalah refraksi mata ini memang sangat penting bagi masyarakat. Misalnya, kata Irine, seorang pelajar yang matanya ternyata minus atau silinder, maka bisa-bisa akan terganggu prestasi akademisnya. Atau pekerja, contoh lain Irine, akan terhambat kinerjanya bila penglihatannya terganggu.

“Selain dibantu dengan kacamata, pola hidup sehat juga penting untuk selalu diterapkan oleh seluruh masyarakat. Dengan begitu maka kesehatan kita akan terjaga dengan baik,” kata Irine. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *