Peluang Dapat KUR Masih Tinggi

By on June 25, 2019 at 12:18 pm 0 178 Views

PELUANG atau kesempatan para pengusaha kecil dan mikro untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih terbuka lebar. Dana yang disiapkan pemerintah baru terserap 50 persen oleh para pelaku usaha.

Hal ini diungkapkan Pimpinan Wilayah VI Jawa Timur Perum Jamkrindo Loesdarwanto kepada ponorogo.go.id, Selasa (25/6/2019) mengatakan, sampai saat ini baru sekitar Rp 11 triliun dana KUR yang disiapkan oleh pemerintah pusat yang terealisasi sebagai kredit oleh para pengusaha.

“Padahal dana yang disiapkan untuk seluruh wilayah Jawa Timur mencapai Rp 23 triliun, untuk sekitar 2 sampai 3 juta pelaku UMKM. Itu berarti peluang untuk mendapatkan KUR masih tinggi, terbuka lebar. Ini akan jadi kesempatan bagi pengusaha untuk mendapatkan modal,” ungkapnya.

Dikatakannya, KUR ini sebenarnya adalah kredit yang cukup mudah pengurusannya. Hanya saja, kemungkinan masih banyak pengusaha yang belum mendapatkan informasi tentang KUR. Utamanya tentang tidak diperlukannya jaminan pada kredit ini.

“Ini yang mungkin jadi sedikit kendala realisasi KUR yang baru sekitar 50 persen itu. Nah, padahal mereka juga perlu mengetahui bahwa untuk mendapatkan KUR, pengusaha kecil tidak perlu memberikan jaminan kepada bank,” terangnya.

Jamkrindo sendiri, kata Loesdarwanto, memang didirikan untuk membantu mengatasi masalah jaminan ini. “Sehingga bila ada pengusaha yang usahanya feasibel (layak) tapi akses rendah karena persoalan jaminan atau kolateral, maka kami bisa membantu mengatasinya. Termasuk dalam KUR, kami turut mengatasi persoalan ini. Dengan begitu, persoalan modal seharusnya bukan lagi kendala dan pengusaha tinggal melakukan bisnisnya dengan baik,” ungkapnya.

Ponorogo, lanjutnya, juga memiliki potensi tinggi bagi tumbuhnya usaha-usaha kecil. Hal ini dapat dilihat dari keunikan seni dan budaya serta potensi lainnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *