PAK 2019 Diprioritaskan ke Infrastruktur

By on June 26, 2019 at 10:55 pm 0 258 Views

DANA Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) pada Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) 2019 akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur. Hal ini karena infrastruktur masih menjadi prioritas dalam pembangunan di Ponorogo sampai 2019 ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, Rabu (26/6/2019) mengatakan, kekuatan dana PAK tahun 2019 ini sama dengan Silpa atau Sisa Lebih Penggunaan Anggaran 2018. Besarnya mencapai Rp132 miliar.

“Tapi yang bisa dibelanjakan mungkin sekitar Rp 80 miliar sampai Rp 90 miliar saja. Itu akan diprioritaskan untuk program infrastruktur,” ujarnya sambil menyatakan belum ada kepastian besaran anggaran tambahan yang bakal masuk PAK.

Menurutnya, OPD-OPD harus bersiap untuk bisa melaksanakan programnya dengan dana dari PAK tersebut. Sebab, walapun prioritasnya adalah program infrastruktur, bukan berarti hanya Dinas Pekerjaan  Umum  dan Perumahan Rakyat (Dinas PUPR) yang akan bekerja. PAK di masing-masing OPD juga mempertimbangkan nilai SAKIP-nya (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

“Semua OPD bahkan kecamatan-kecamatan atau desa bisa saja terlibat dalam program seperti itu. Infrastruktur kan bisa ditempatkan sampai ke sana (desa-desa),” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyatakan, pada laporan pertanggungjawaban APBD 2018 terdapat silpa mencapai Rp 132 miliar lebih. Hal ini didapatkan dari efisiensi di berbagai kegiatan. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *