Bupati Ponorogo Buka Festival Dalang Bocah Tingkat Provinsi

By on July 6, 2019 at 11:00 pm 0 208 Views

Festival Dalang Bocah se-Jawa Timur di gelar di Kabupaten Ponorogo. Bertempat di gedung Kesenian Kabupaten Ponorogo dan akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 6 hingga 8 Juli 2019. Di ikuti oleh 21 peserta dari berbagai Kabupaten yang berada di Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto mengatakan festival dalang bocah Provinsi Jawa Timur ini sudah terselenggara lebih dari 20 tahun. Hal ini tetap kita lestarikan karena wayang merupakan sebuah tontonan dan ada  tuntunan yang disajikan. Selain itu festival wayang ini nantinya bisa memunculkan generasi milenial yang suka terhadap wayang dan bisa menelurkan dalang cilik.

Sambutan bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni

Penampilan peserta Festival Dalang Bocah

“Event seperti ini nantinya bisa memunculkan para generasi milenial untuk menyukai wayang kulit, dan bisa mencetak dalang cilik, karena wayang merupakan budaya yang adi luhung maka kita harus uri-uri,” ungkapnya saat pembukaan Festival Dalang Bocah, Sabtu malam, (6/7/2019).

Sinarto menambahkan untuk pagelaran wayang kulit ini di gelar di Ponorogo karena Kabupaten Ponorogo bisa berinovasi di bidang Pariwisata, dan Ponorogo bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Ponorogo itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan untuk Ponorogo sendiri sudah 10 tahun setiap bulannya diselenggarakan pagelaran wayang kulit yang bertempat di Paseban alun-alun Ponorogo. Setiap pagelarannya untuk antusias masyarakat sangat tinggi. Sedangkan untuk festival dalang bocah sendiri Ponorogo sudah menggelarnya selama lima tahun lebih.

“Selain di Paseban Ponorogo juga ada pagelaran wayang kulit di desa-desa. Bisa dikatakan di Ponorogo itu tiap harinya ada pagelaran wayang kulit. Oleh karena itu Ponorogo setiap ada event tingkat Provinsi maupun Nasional mampu meraih penyaji terbaik,” ujar orang nomor satu di Ponorogo.

Bupati Ponorogo dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata beserta ibu foto bersama dengan peserta Festival Dalang Bocah

Selanjutnya Bupati Ponorogo membuka festival dalang bocah tingkat Jawa Timur dengan ditandai dengan penyerahan gunungan kepada peserta lomba. Tanda festival dalang bocah tingkat provinsi di gelar.

Sebagai informasi selain festival dalang bocah, Ponorogo juga tiap tahunnya mengadakan lomba mocopat dan karawitan untuk pesertanya juga masih kecil. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *