Gubernur Jatim Tinjau Distribusi Air Bersih

By on July 8, 2019 at 10:28 pm 0 162 Views

Minggu (7/7/2019) Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo dalam rangka penanganan bencana kekeringan yang bertempat di Dukuh Jengkring, Lingkungan Banyuripan, Desa Duri, Kecamatan Slahung.

Pembagian air bersih kepada warga masyarakat

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan 200 tangki air bersih untuk bantuan bencana kekeringan disejumlah daerah yang terdampak kekeringan. Hal ini untuk mengantisipasi puncak musim kemarau yang diprediksi BMKG akan jatuh pada bulan Agustus mendatang.
“Kami terus lakukan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang ada di daerah, dan dengan tangki air ini nantinya bisa memudahkan masyarakat. Dan mendistribusikannya bisa lebih cepat,” ujarnya.
Ia juga berharap ketersediaan tangki air di Pemkab Ponorogo terus bertambah, karena saat ini Pemkab sudah melakukan plotting, sehingga nantinya Pemprov hanya penambahan pemenuhan.
“Ini juga kita lagi mulai uji coba sumur dalam yang berjarak sekitar dua kilometer dari desa ini, nantinya bila berhasil maka akan dilakukan pemasangan pipa,” imbuhnya.
Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dalam sambutannya menyampaikan jika di Ponorogo saat ini ada 12 desa yang sudah mengalami kekeringan. Saat ini Pemkab Ponorogo sedang merencanakan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo  terkait pembangunan pipa-pipa untuk mengalirkan air dari waduh bendo menuju daerah-daerah yang mengalami kekeringan.
“Nantinya untuk mensuplai 12 desa yang mengalami kekeringan cukup mampu,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *