Haul Kyai Ageng Muhammad Besari Pikat Ribuan Wisatawan

By on July 16, 2019 at 8:52 pm 0 156 Views

Ribuan pasang mata menyaksikan kirab budaya dalam rangka penutupan Hari Ulang Tahun (Haul) ke 272 Kyai Ageng Muhammad Besari. Rangkaian acara haul berlangsung selama empat hari.

Kemeriahan kirab budaya haul Kyai Ageng Muhammad Besari

Wisatawan saat mengabadikan kirab budaya haul Kyai Ageng Muhammad Besari

Pantauan ponorogo.go.id dilokasi acara kirab budaya dimulai dari Makam Donopuro yang merupakan guru dari Kyai Ageng Muhammad Besari yang terletak di Dusun Setono, Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis.
Sebelum kirab dimulai dilakukan ziarah makam di makam Donopuro. Selanjutnya kirab di mulai hingga halaman masjid Tegalsari. Ribuan masyarakat ikut andil dalam pagelaran ini (kirab budaya,red). Ada kesenian unta-untaan, reyog dan masih banyak kesenian lain yang ditampilkan oleh masyarakat.
Seperti yang diungkapkan Kunto Purnomo, Ketua Yayasan Kyai Ageng Muhammad Besari. Even haul ini merupakan even tahuanan yang diadakan di Tegalsari.
“Tiap tahun even ini digelar dan tiap tahun juga antusias warga Ponorogo dan sekitarnya bertambah,” ungkapnya, (Selasa,16/7/2018).
Tegalsari sendiri merupakan salah satu wisata religi yang ada di Kabupaten Ponorogo, sehingga mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung dan melihat acara haul.
“Nantinya tahun depan bisa mendatangkan wisatawan yang lebih banyak daripada tahun ini,” harapnya.
Sebagai informasi selain kirab budaya hari ini juga ada ngaji bareng Gus Miftah sebagai penanda ditutupnya haul 272 Kyai Ageng Muhammad Besari.(Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *