Akhir 2019, Jalan Baik di Ponorogo Diperkirakan Capai 70 Persen

By on July 17, 2019 at 3:25 pm 0 231 Views

JALAN baik yang ada di Kabupaten Ponorogo pada akhir 2019 nanti diperkirakan mencapai 70 persen. Angka ini meningkat cukup tinggi dibanding jumlah jalan dengan kondisi baik pada akhir 2015 lalu yang diketahui kurang dari 50 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto Purnomo, Rabu (17/7/2019) menyatakan, pada 2019 ini ada 11 paket pembangunan dan pemeliharaan jalan-jalan di Ponorogo dengan dana sekitar Rp 70 miliar. Pekerjaan tersebut antara lain adalah pengecoran jalan maupun pemaparan hotmix di jalan.

Sejumlah pekerja saat melakukan pembangunan jalan dengan nama pekerjaan Peningkatan Jalan Sampung-Parang Lapen ke Rigid, Rabu (17/7/2019) pagi.

Ada sekitar 40-50 lokasi yang saat ini sedang dikerjakan. Baik yang berada di tengah-tengah Kabupaten Ponorogo maupun yang ada di perbatasan-perbatasan. Beberapa ruas jalan yang dibangun dan dipelihara merupakan jalan yang selama ini dikeluhkan kondisinya oleh masyarakat melalui pengaduan kepada pemerintah ataupun di media sosial.

“Ada perbaikan dan pembangunan di sejumlah perbatasan Ponorogo dengan wilayah lain. Misalnya adalah peningkatan jalan Sampung-Parang. Itu sedang kita kerjakan. Di wilayah-wilayah lain juga sedang kita kerjakan. Seperti di Mlancar dan lainnya,” ungkapnya.

Warga yang melintas harus bergantian melewati jalur Sampugn-Parang yang sedang menjalani peningkatan dari Lapen ke Rigid.

Selain 11 paket besar pekerjaan jalan dari APBD induk 2019 ini, ada pula tambahan dana yang akan diambilkan dari Perubahan APBD 2019 (P-APBD) yang kemungkinan besarannya mencapai Rp 16 miliar sampai Rp 19 miliar.

Pembangunan dan perbaikan yang ada diperkirakan menambah jalan dengan kondisi baik sekitar 3 persen sampai 5 persen. Hal ini dengan memperhitungkan ada juga laju kerusakan jalan yang disebabkan oleh berbagai hal yang terjadi.

Pekerja mengangkat lempeng besi pembatas cor dalam pengerjaan rigid untuk jalan ruas Sampung-Parang, Rabu (17/7/2019).

“Pembangunan dan perbaikan ini nantinya bisa nyambung dengan jalan yang sudah kita kerjakan sekarang. Ada sekitar 10-an ruas jalan itu. Kalau yang sudah selesai, bisa disambungkan dengan jalan yang stratanya lebih rendah. Dengan demikian kita akan memiliki jalan dengan kondisi yang baik, yang jumlahnya mencapai sekitar 70 persen,” pungkas Jamus. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *