Ternyata Begini Wujud Bantuan Rp 300 Juta Per Desa Per Tahun

By on July 25, 2019 at 6:49 pm 0 357 Views

PEMBANGUNAN jalan dan sarana jalan di desa-desa di Ponorogo terus bergulir. Hal ini karena  bantuan senilai Rp 300 juta per desa per tahun sebagai program Pemkab Ponorogo terus berjalan dan dilaksanakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto Purnomo, Kamis (25/7/2019) kepada ponorogo.go.id mengatakan, infrastruktur jalan dan pendukungnya memang menjadi perhatian penuh Pemkab Ponorogo  dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni sejak awal kepemimpinannya. Janji dalam kampanye Bupati Ipong saat pencalonan terus  diwujudkan. Yaitu bantuan infrastruktur Rp 300 juta per desa per tahun.

Perkerasan jalan atau pendukung jalan seperti selokan adalah bentuk dari program bantuan khusus perbaikan jalan desa Rp 300 juta per desa per tahun. Tampak pekerja saat menggarap selokan di Jalan Pacar, Kelurahan Tonatan, beberapa waktu lalu.

“Kurang tepat kalau program ini dimaknai sebagai pemberian uang tunai langsung ke desa. Program ini adalah penyaluran dana dari Pemkab ke desa yang dirupakan infrastruktur jalan atau pendukungnya seperti selokan atau sejenisnya. Aspirasi dan usul dari masing-masing desa disampaikan ke Pemkab, diolah oleh Bappeda dan yang mengerjakan kami (Dinas PUPR),” terang Jamus.

“Jadi bukan ada duit lalu diberikan ke desa, karena memang bukan begitu janji Pak Bupati. Tapi ada dana khusus untuk perbaikan jalan di desa-desa di Ponorogo senilai itu per tahun. Pada tahun 2019 ini, dana untuk program ini sekitar Rp 100-an miliar. Sebab ada yang satu desa itu dapatnya infrastruktur dengan nilai lebih dari Rp 300 juta, ada yang sampai Rp 400 juta. Tapi paling sedikit Rp 300 juta pada tahun ini,” ungkapnya.

Jamus menyebut, untuk infrastruktur jalan dananya memang cukup tinggi dalam APBD kali ini. Ada sekitar Rp 70 miliar yang proyeknya langsung di bawah Dinas PUPR, sekitar Rp 100 miliar dalam bentuk program Rp 300 juta per desa per tahun dan sekitar Rp 30 miliaran dari program aspirasi atau pokok pikiran pada anggota DPRD Ponorogo. Total dana infrastruktur tahun ini sekitar Rp 200 miliar.

Dengan berbagai pembangunan infrastruktur yang langsung menyasar desa-desa ini, diyakini pada akhir 2019 ini Ponorogo akan memiliki jalan dalam kondisi baik hingga sekitar 70 persen. Pembangunan dan perbaikan yang ada diperkirakan menambah jalan dengan kondisi baik sekitar 3 persen sampai 5 persen. Hal ini juga dengan memperhitungkan laju kerusakan jalan yang disebabkan oleh berbagai hal yang terjadi. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *