Pemkab Kerjasama Dengan CIOFF Gelar Festival Topeng dan Folklore

By on July 27, 2019 at 8:03 pm 0 181 Views

Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Pariwisata mendapat kesempatan berkerjasama dengan International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF) untuk menggelar festival topeng dan Folklore Internasional di Kabupaten Ponorogo.

Acara diawali dengan penanaman pohon di Taman Hayati “Wengker Park” dan dilanjutkan pawai budaya yang dimulai dari Jalan Gajah Mada dan finish di Paseban Alun-alun Ponorogo. Festival Topeng dan Folklore Internasional ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 27 hingga tanggal 30 Juli 2019.

Amar Aprizal, Manajer CIOFF Indonesia mengatakan ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa bagi Ponorogo untuk menggelar acara seperi ini, karena nantinya Ponorogo bisa dikenal di Dunia Internasional.

“Ini kesempatan yang luar biasa bagi Ponorogo bisa menggelar even festival topeng dan folklore Internasional. Karena Ponorogo sudah dikenal memiliki topeng raksasa yaitu Reyog,” ujarnya, Sabtu (27/7/2019).

Amar berharap tahun berikutnya Ponorogo bisa menggelar event yang bertaraf Internasional lagi, karena antusiasme masyarakatnya sangat tinggi sehingga bisa dikenang oleh para delegasi untuk diceritakan di Negaranya.

“Semoga event seperti ini bisa berlanjut di Ponorogo, dan banyak Negara lagi yang ikut memeriahkan event berikutnya,” harapnya.

Perlu diketahui CIOFF merupakan organisasi non profit yang berada dibawah naungan UNESCO dan dalam hal ini CIOFF Indonesia selalu bekerjasama dengan komunitas dan grup seni untuk mengikuti festival atau kompetisi kesenian rakyat baik dari dalam maupun luar negeri. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *