Pemekaran Kecamatan di Ponorogo, 2019 Selesai Administrasi

By on July 30, 2019 at 7:53 pm 0 756 Views

PEMEKARAN dua kecamatan baru di Kabupaten Ponorogo ditargetkan selesai proses administrasinya pada 2019 ini. Tahun berikutnya akan dibangun dan ditata sejumlah fasilitas fisik penunjang aktifitas untuk kecamatan yang baru tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, Selasa (30/7/2019) mengatakan, sejauh ini tahap pemekaran dua kecamatan tersebut masih sesuai jadwal yang digariskan.

“Semua kelengkapan persyaratannya kita lengkapi tahun ini, termasuk izin dari Kementarian Dalam Negeri. Semua masih sesuai jadwal. Tinggal kajiannya kita kirim ke Pemprov Jatim, lalu kita bawa ke Kemendagri. Lalu nanti ada tim yang turun ke lapangan untuk mengecek dan memastikan kalau semuanya sudah oke,” ungkap Agus Pramono.

Dikatakannya, saat ini Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Ponorogo juga sudah membuat perencanaan terkait tata letak kawasan kecamatan tersebut. “Mulai dari lokasi dan bentuk kantor kecamatannya seperti apa, koramilnya seperti apa, pokseknya nanti seperti apa, Bu Retno (Kepala Dinas PKP) sudah membuatnya,” imbuh Agus Pramono.

Agus belum bisa memastikan kapan kecamatan baru tersebut diluncurkan. Namun ia memastikan pada 2019 ini tahap adminstrasi selesai dan di 2020 tahap pembangunan fisik kelengkapan kecamatan akan dimulai.

Ada dua kecamatan baru yang akan berdiri di Ponorogo. Yaitu Kecamatan Kota Lama yang merupakan gabungan dari beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Babadan, Kecamatan Kota Ponorogo, Kecamatan Jenangan dan Kecamatan Siman. Sedangkan yang kedua adalah Kecamatan Sumber Rejo yang merupakan gabungan dari beberapa desa di Kecamatan Balong, Kecamatan Jambon dan Kecamatan Slahung.

“Lokasinya kalau Kota Lama di dekat Kelurahan Setono. Lalu mengapa Sumber Rejo? Karena di sana ada hal yang dilakukan oleh desanya untuk menyiapkan lahannya. Lahannya luas dan sudah cukup,” terangnya. (kominfo/dist/ris)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *