Jelang Kurban, Dinas Pertanian dan Perikanan Terjun Langsung Kelapangan

By on August 1, 2019 at 3:35 pm 0 156 Views

Mendekati hari raya Idul Adha 1440 H, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban yang dijual dibeberapa pasar dan peternakan. Pengecekan dilakukan di Pasar Hewan Sumoroto dan peternakan sapi di Kelurahan Tambakbayan. hari ini, Kamis (1/8/2019).

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo Siti Barokah, mengatakan jelang hari raya Idul Adha atau biasa di sebut hari raya kurban, pihaknya terjun kelapangan untuk mengecek secara langsung kesehatan hewan di pasar hewan dan peternakan. Dari pengecekan ini kualitas hewan dinyatakan bagus dan sudah memenuhi standar sesuai syariat islam untuk persiapan kurban.

Petugas saat melakukan pengecekan kambing di pasar hewan Sumoroto

“Secara umum setelah kami melakukan pemeriksaan dibeberapa pasar hewan dan peternakan beberapa hari lalu dan hari ini, untuk kualitas hewannya rata-rata bagus, kambing dan sapi yang di jual di pasar hewan sesuai dengan syariat Islam, misalkan hewan tidak cacat dan cukup umur, jadi untuk persiapan kurban ini sudah memenuhi standar” ujarnya.

Siti juga berbagi tips dan himbauan kepada masyarakat awam yang ingin membeli hewan kurbannya di Pasar hewan. Secara umum untuk melihat tanggalnya gigi satu pasang, itu bisa menandakan hewan sudah cukup umur. Sedangkan utamanya untuk sapi hidari sapi yang memiliki penyakit Kaskado yaitu ada luka dimata.

“Masyarakat awam bisa melihat tanggalnya gigi hewan kurban, dan bila menemukan Sapi yang memiliki penyakit kaskado sebaiknya untuk tidak dibeli atau dihindari, kalau terpaksa ya gak masalah, karena kaskado tidak berpengaruh pada kualitas daging, ya kalau menurut saya kurang sempurna untuk hewan kurban,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *