Stok Sapi Ponorogo Melimpah, Untuk Kurban Tak Perlu Khawatir

By on August 5, 2019 at 6:27 pm 0 156 Views

WARGA Ponorogo tidak perlu khawatir dengan stok sapi untuk berkurban pada Idul Adha 1440 H kali ini. Sebab, jumlah sapi di bumi reyog berlimpah, bahkan bisa memenuhi permintaan sapi dari berbagai daerah, termasuk dari Jakarta dan Bandung.

Kasi Kesehatan Hewan, Bidang Perikanan dan Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Siti Barokah, Senin (5/8/2019) mengatakan, saat ini jumlah sapi di Ponorogo mencapai sekitar 90 ribu ekor. Ini terdiri dari sapi indukan betina, sapi jantan, sapi perah dan sapi-sapi anakan. Ini adalah sapi yang ada di para peternak besar yang memililiki ratusan ekor sapi dalam satu peternakan maupun yang ada di tangan peternak kecil atau rumahan.

Seorang warga yang baru saja membeli sapi di Pasar Jetis menggandeng sapi dibawa pulang untuk dijadikan hewan kurban, Senin (5/8/2019).

“Otomatis, sapi yang siap untuk kurban juga mencukupi. Dalam catatan kami, jumlah sapi untuk kurban oleh warga Ponorogo mencapai sekitar 1.000-an ekor. Atau mungkin lebih ya. Tapi itu bisa tercukupi dari Ponorogo sendiri,” ujarnya.

Siti Barokah mengatakan, dalam pengamatannya saat ini ada kecenderungan warga berkurban sapi ketimbang kambing. Meski belum memiliki data pasti, ia melihat banyak takmir masjid dan warga yang merencanakan membeli sapi untuk berkurban. Otomatis, akan ada peningkatan permintaan sapi meskipun belum bisa diprediksi jumlahnya.

“Ya mungkin bisa ketahuan setelah nanti hari H Idul Adha. Tapi di pasar-pasar hewan sepertinya memang lebih banyak yang transaksi sapi,” ungkapnya.

Seorang pedagang sapi di Pasar Jetis memasukkan sapi yang baru dibelinya untuk diangkut untuk didistribusikan sebagai hewan kurban, Senin (5/8/2019).

Pengiriman sapi ke luar Ponorogo pun juga cukup banyak. Ini karena permintaan dari luar Ponorogo cukup tinggi. Seperti ke Jakarta, Bandung maupun daerah-daerah lain di Jawa Timur sendiri.

“Selain memang kita banyak stok, pasar sapi kita ini adalah yang terbesar dibanding kabupaten sekitar. Sehingga ya lebih leluasa dalam menawarkan maupun memilih bagi panjual dan pembeli dari berbagai daerah, termasuk dari luar Ponorogo,” terangnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *