Pramuka Tegas Antikorupsi dan Antiradikalisme

By on September 10, 2019 at 3:32 pm 0 170 Views

SIKAP antikorupsi dan antiradikalisme dipastikan menjadi karakter yang tertanam kuat pada diri dan jiwa para anggota Pramuka di Ponorogo. Pribadi pramuka akan selalu menjauhi hal-hal yang mengarah pada sikap koruptif dan radikal.

Hal ini disampaikan Ketua Pramuka Kwartir Cabang Ponorogo Soedjarno usai Apel Besar HUT Ke-58 Gerakan Pramuka di Aloon-Aloon Ponorogo, Selasa (10/9/2019). Menurut Wakil Bupati Ponorogo ini, Pramuka merupakan wadah pembinaan karakter dan mental para pemuda dan generasi penerus yang tangguh dan berkepribadian baik.

Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo yang di Aloon-Aloon Ponorogo, Selasa (10/9/2019).

“Nah, antikorupsi dan antiradikalisme adalah kepribadian pramuka. Melalui kegiatan-kegiatan yang ada, seperti kemah, diklat dan sebagainya, materi tentang antikorupsi selalu kita berikan. Pramuka itu selalu menentang perbuatan yang sudah seharusnya tidak dilakukan. Itu nilai dasar dalam pramuka,” ungkap Soedjarno.

Hal ini diamini oleh Ketua Sementara DPRD Ponorogo Soenarto yang menjadi salah satu tamu kehormatan dalam upacara Hari Pramuka di Ponorogo ini. Dikatakannya, pramuka merupakan wadah yang sangat tepat untuk melahirkan generasi penerus yang memiliki sikap antikorupsi dan antiradikalisme.

“Nilai-nilai dasarnya seperti dasa darmanya saja sudah sangat bagus. Dasarnya adalah disiplin. Nilai yang mendasar sekali untuk menciptakan sikap-sikap yang baik dan positif,” ungkapnya.

“Kemudian, pramuka ini ada di berbagai jenjang sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Semua lembaga pendidikan memiliki pramuka. Maka sangat tepat kalau antikorupsi dan antiradikalisme ditanamkan melalui pramuka. Sehingga sejak dini, sikap ini bisa dimiliki oleh generasi muda kita,” imbuh Sunarto.

Dandim Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto saat menjadi inspektur Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo yang di Aloon-Aloon Ponorogo, Selasa (10/9/2019).

Pada Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo, bertindak sebagai inspektur apel Dandim Ponorogo Letnan Kolonel (Inf) Sigit Sugiharto yang merupakan anggota Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Ponorogo. Sebanyak 30 peleton penegak dan 30 peleton penggalang menjadi peserta apel. Pada apel tersebut diserahkan sejumlah penghargaan kepada para pramuka. Mulai dari para pramuka garuda sampai para aktifis pramuka yang giat berkegiatan hingga usia senja.

Juga diserahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba yang digelar dalam rangka HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo. Baik lomba baris berbaris, lomba defile maupun lomba kirab.

Pada Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo yang di Aloon-Aloon Ponorogo, Selasa (10/9/2019) juga dilakukan penyerahan sejumlah penghargaan kepada pramuka yang aktif dan berprestasi.

Salah satu penerima penghargaan adalah Wabup Ponorogo Soedjarno. Orang nomor dua di Ponorogo ini menerima Lencana Darma Bakti. Menurut Wabup Soedjarno pemberian lencana kepada dirinya dan para pramuka lain merupakan apresiasi atas pengabdian dan keaktifan para penerima penghargaan dalam berkegiatan pramuka selama ini.

“Saya sendiri sudah sejak tahun 1986 berkecimpung dan aktif di Pramuka. Dan dengan adanya penghargaan ini, saya akan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pramuka. Begitu juga para penerima penghargaan yang lain,” pungkasnya.

Penampilan marching band pramuka putri dari salah satu ponpes di Ponorogo meramaikan Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo yang di Aloon-Aloon Ponorogo, Selasa (10/9/2019).

Apel juga dimeriahkan dengan atraksi marching band dan juga penampilan atraksi dari gabungan sejumlah pangkalan pramuka di Ponorogo. Ada pula hiburan paramotor atau paralayang dengan menggunakan mesin yang sempat beberapa kali berputar-putar di angkasa Ponorogo sambil mengibarkan spanduk ucapan selamat HUT Pramuka. (kominfo/dist)

Berikut nama-nama penerima penghargaan pada Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Ponorogo.
1. Pramuka Garuda Siaga Putri : Vhianca Ardhis Almiradita (SDN Mangkujayan)
2. Pramuka Garuda Siaga Putra : Muhammad Arsya Fachri Baihaqi (SD Muhammadiyah Ponorogo)
3. Pramuka Garuda Penggalang Putri : Adisty Isna Prastyani (SMPN 2 Ponorogo)
4. Pramuka Garuda Penggalang Putra : Kelvin Fandi Azis (SMPN 4 Ponorogo)
5. Pramuka Garuda Penegak Putri : Yukla Latifah (MA Almukarom Ponorogo)
6. Pramuka Garuda Penegak Putra : Akmalidan Januar Saputra (MA Darul Huda)
7. Lencana Pramuka Teladan Putri : Nikita Octavia Maharani (Pramuka Garuda SD Muhammadiyah Ponorogo)
8. Lencana Pramuka Teladan Putra : Kenzie Darel Prasetya (Pramuka Garuda SD Muhammadiyah Ponorogo)
9. Lencana Panca Warsa I : Yoke Suryadarma (Pelatih Pusdiklatcab Ponorogo)
10. Lencana Panca Warsa VII : Djayanto (Pelatih Pusdiklatcab Ponorogo)
11. Lencana Karya Bakti : Naryun (Brigade Penolong Ponorogo)
12. Lencana Melati : Ombak Trisukmo (Pelatih Pusdiklatcab Ponorogo)
13. Lencana Darma Bakti : Sirmad (Pelatih Pusdiklatcab Ponorogo)
14. Lencana Darma Bakti : Soedjarno (Ka. Kwarcab Ponorogo)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *