Proyek Fisik PU Berjalan 100 Persen, Serapan Anggaran 50 Persen

By on October 21, 2019 at 9:13 am 0 131 Views

PROYEK-proyek fisik berupa jalan, talud dan infrastruktur lain yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ponorogo diklaim sudah berjalan seluruhnya. Namun, serapan anggarannya baru mencapai separuhnya saja.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto Purnomo

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto Purnomo, Senin (21/10/2019), mengatakan, selama 2019 ini pihaknya direncanakan menggarap 1.200 titik pekerjaan. Mulai dari perbaikan jalan, pembangunan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan talud dan berbagai pekerjaan lainnya.

“Pada tahun ini ada 1.200 titik pekerjaan di seluruh Ponorogo yang harus dikerjakan. Dari seluruh pekerjaan ini, sekarang ini sudah semuanya dilaksanakan. Ada yang sudah selesai dan ada yang sedang dalam pengerjaan, proses,” ungkapnya.

Pekerjaan pengaspalan di Jalan Mayjend DI Panjaitan, Kec. Siman, Ponorogo, dikebut demi mengejar cuaca terik yang bisa mengoptimalkan proses pengaspalan. Tampak pekerja saat melakukan pengaspalan akhir pekan lalu.

Total dana dari seluruh proyek tersebut sekitar Rp 260 miliar. Namun, lanjut Jamus, belum semua anggaran tersebut terserap oleh kontraktor atau pelaksanakan pekerjaan. Sebagian besar adalah karena belum selesainya berkas yang harus dipenuhi setelah pekerjaan selesai dilaksanakan.

“Jadi kalau pekerjaan sudah 100 persen dilaksanakan, termasuk yang sedang berjalan ya, tapi untuk penyerapan anggaran baru sekitar 50 persen saja,” ujarnya.

“Mengapa begitu? Karena rekanan itu selain melaksanakan pekerjaan juga harus mengurus administrasinya. Terkadang, walaupun sudah selesai pekerjaannya tapi dokumen, bukti-bukti dan hal-hal terkait administrasinya belum lengkap. Maka belum bisa melakukan pencairan,” ucapnya.

Meski begitu, Jamus yakin penyerapan anggaran tersebut bisa 100 persen di akhir tahun nanti. “Kami berharap semua pihak bisa bekerja sama dengan baik,” pungkasnya. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *