Tilik Desa di Sampung, Bupati Ipong Soroti Air dan Jalan

By on October 22, 2019 at 5:54 pm 0 201 Views

KETERSEDIAAN air dan kondisi jalan-jalan di Kecamatan Sampung menjadi salah satu perhatian dalam kegiatan Tilik Desa yang digelar Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Selasa (22/10/2019). Kerukunan, keguyuban dan kekompakan tetap ditekankan untuk membuat desa menjadi lebih maju.

Dalam Tilik Desa Tahap 2 kali ini, Bupati Ipong beserta jajaran kepala dinas dan pemangku wilayah hadir di empat desa di Kecamatan Sampung. Yaitu Desa Carangrejo, Desa Karangwaluh, Desa Gelangkulon, Desa Glinggang.

This slideshow requires JavaScript.

Saat menyapa warga, Bupati Ipong menyatakan salah satu masalah di bidang pertanian di Ponorogo adalah ketersediaan air. Apalagi kalau musim kemaraunya berkepanjangan seperti saat ini. Akibatnya, saat ini banyak desa yang mengalami kesulitan mengairi sawah dan ladangnya, terutama desa-desa yang mengandalkan hujan.

“Karena itu, saya sudah meminta kepada kepala Dinas Pertanian dan kepala Dinas PU untuk mencari cara agar dari waktu ke waktu para petani kita tidak kesulitan air. Contoh, kalau di sini mengandalkan air bawah tanah mungkin perlu dipikirkan pembuatan sumur air dalam. Untuk keperluan rumah tangga program pamsimas masuk ke sini,” ungkap Bupati Ipong saat berada di Desa Karangwaluh.

Soal jalan, Bupati Ipong menyatakan ia telah melihat perubahan yang signifikan dibanding saat ia mengunjungi wilayah Kecamatan Sampung pada 2017 lalu. Saat itu, baik saat Tilik Desa tahap 1 maupun Safari Ramadhan, ia melihat jalanan di wilayah tersebut banyak yang berlubang.

“Tapi saat ini saya sudah melihat sendiri sudah jauh lebih baik. Sudah banyak yang mulus. 90 persen bagus lah. Kalau ada yang kurang ya kita tuntaskan di 2020 nanti,” ungkapnya saat berada di Desa Carangrejo.

Dalam kegiatan yang bertujuan mempererat silaturahmi dengan warga dan melihat langsung hasil pembangunan ini, Bupati Ipong berpesan agar warga di Kecamatan Sampung menjaga kerukunan, kekompakan dan keguyuban. Menurutnya, dengan ketiga hal ini maka masyarakat bisa membangun dengan lebih baik.

“Semua orang bisa menghadirkan yang terbaik. Bukan hanya untuk dirinya, tapi juga untuk wilayahnya, untuk Indonesia,” tuturnya.

Di Desa Carangrejo, Bupati Ipong meresmikan Bumdes dan mengukuhkan karang taruna desa setempat. Di Desa Karangwaluh, Bupati Ipong melantik pengurus kelompok tani dan kelompok wanita tani. Di Desa Gelangkulon Bupati Ipong meresmikan Bumdes dan Kelompok Karawitan. Sedangkan di Desa Glinggang Bupati Ipong mengukuhkan Pengelola Rumah Budaya Glinggang. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *