PAUD, Harapan Menghadirkan Generasi Emas Ponorogo

By on November 2, 2019 at 4:33 pm 0 196 Views

KARAKTER manusia dan masyarakat akan terbentuk dengan baik bila dibentuk dan dibangun sejak usia dini. Karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi penting. Dari pendidikan yang baik di usia dini akan hadir generasi emas bagi Ponorogo dan Indonesia.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat menyematkan pin Bunda PAUD Kabupaten kepada Ketua TP PKK Kabupaten Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni usai pengucapan kata-kata pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten dan Kecamatan di Gedung Kesenian, Sabtu (2/11/2019).

Bunda PAUD Kabupaten Ponorogo memberikan arahan dan membuka workshop menyanyi dan menari bagi 1.500 bunda Paud di Gedung Kesenian Ponorogo, Sabtu (2/11/2019).

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat mengukuhkan Bunda PAUD Kabupaten Ponorogo dan Bunda-Bunda PAUD Kecamatan se-Ponorogo di Gedung Kesenian Ponorogo, Sabtu (2/11/2019). Menurutnya, pendidikan anak bahkan bisa dimulai sejak anak berada dalam kandungan, yaitu saat masih menjadi janin. Dari pemilihan makanan untuk sang ibu hamil sampai memperdengarkan berbagai hal untuk sang janin.

“Pendidikan sejak dini, termasuk dalam PAUD, sangat penting. Berbagai hal penting bisa ditanamkan sejak kecil. Coba saja, kita ini hafal gerakan dan bacaan salat karena sudah belajar dan berlatih sejak kecil, sejak masih anak-anak,” ungkap Bupati Ipong.

Penanaman berbagai nilai sejak anak berusia dini sangat efektif. Seperti nilai-nilai keluhuran budi pekerti, karakter yang mulia, norma agama dan sopan santun, serta nilai-nilai kehidupan yang lain.

“Dari sinilah kita bisa menghasilkan generasi emas, generasi yang unggul, generasi yang luar biasa bagi Ponorogo dan bagi bangsa Indonesia,” tutur Bupati Ipong.

 Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni memberikan arahan usai pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten dan Kecamatan di Gedung Kesenian, Sabtu (2/11/2019).

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Bunda PAUD Sri Wahyuni saat menyanyikan Lagu Anak PAUD Ponorogo ciptaan komposer Sinung Widodo di sela Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten dan Kecamatan se-Ponorogo, Sabtu (2/11/2019) di Gedung Kesenian Ponorogo.

Para bunda PAUD turut menyanyi dan bersuka ria saat Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten dan Kecamatan se-Ponorogo, Sabtu (2/11/2019) di Gedung Kesenian Ponorogo.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Endang Retno Wulandari menambahkan, ada sekitar 1.500 bunda PAUD yang hadir dalam pengukuhan yang diteruskan workshop menari dan menyanyi. Pada kesempatan tersebut dikukuhkan Bunda PAUD Kabupaten, yaitu Ketua Tim Penggerak PKK Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni dan 21 Bunda PAUD Kecamatan yang merupakan Ketua TP PKK masing-masing kecamatan.

Menurut Retno, Bunda-Bunda PAUD ini memegang peranan penting dalam mendidik anak-anak Ponorogo untuk menjadi generasi unggul Ponorogo. “Dari mereka inilah kita berharap anak-anak kita bisa dididik menjadi anak yang berkarakter, mulia dan berbudi pekerti luhur,” pungkasnya. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *