Hingga November Serapan Anggaran OPD Capai 73 Persen

By on December 2, 2019 at 6:02 pm 0 62 Views

Penyerapan anggaran tahun 2019 sudah diujung tombak, Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus kebut penyerapan anggaran di masing-masing instansinya. Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) berusaha untuk mempertahannkan serapan anggaran di atas 95 persen secara keseluruhan.

Bambang Tri Wahono, Kepala BPPKAD mengatakan kepada ponorogo.go.id menurut catatannya terhitung sampai tanggal 30 November 2019, serapan anggaran rata-rata sudah mencapai 73 persen keatas disetiap OPD.

“mudah-mudahan capaian serapan anggaran tahun 2019 ini bisa maksimal, target minimal 96 persen,” ungkapnya, Senin (02/12/2019).

Bambang juga menjelaskan ada beberapa dinas yang masih di bawah 50 persen, dia tunjuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang serapannya masih dibawah 50 persen hingga akhir bulan November, pasalnya masih ada pekerjaan yang sedang berjalan. Disamping itu, proses penyerapannya tidak bisa seketika karena sumber anggaran, ada tahapan-tahapannya tidak serta merta bisa terserap.

“OPD yang dibawah 50 pesen adalah OPD yang berkategori besar, sebab sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelasnya.

Bambang juga terus melakukan komunikasi kepada seluruh OPD, untuk memastikan serapan anggaran mereka di tahun 2019 ini bisa maksimal, dan administrasinya diselesaikan trakhir nanti 15 Desember 2019.

“serapan anggran tahun ini bisa menncapai minimal 96 persen, harapnnya saya naik menjadi 97 atau 98 persen, kami tetap optimis jika melihat progres serapan seluruhnya OPD rata-rata 73 persen sampai akhir bulan November,” pungkasnya. (kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *