Hidup Lebih Segar, Efek Samping Subuh Berjamaah

By on January 6, 2020 0 215 Views

UDARA bersih dan hidup yang lebih segar adalah satu dari banyak hal yang bisa didapatkan dari subuh berjamaah. Bangun tidur tepat di pagi hari, beraktifitas di luar rumah dilanjut berolah raga bisa menjadi kegiatan pembuka yang bermanfaat bagi hidup dan kesehatan tubuh.

Inilah hikmah sehat yang dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Kusdarini terkait subuh berjamaah seperti Subuh Berjamaah Bersama Bupati yang menjadi salah satu program kerja Pemkab Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat menyapa warga yang turut berjamaah dalam Subuh Berjamaah Bersama Bupati di Masjid Ar Rahmah, Desa Wringin Anom, Kecamatan Sambit, Senin (6/1/2020).

“Berangkat ke masjid, salat berjamaah, kemudian olah raga, akan membuat tubuh segar. Aktifitas saat udara masih bersih dan sejuk tentu akan membuat badan lebih fresh, segar, sehat,” ulasnya usai Subuh Berjamaah Bersama Bupati di Masjid Ar-Rahmah, Desa Wringin Anom, Kecamatan Sambit, Senin (6/1/2020).

Dari sisi kesehatan, udara pagi yang segar mengandung oksigen yang cukup tinggi. Kandungan oksigen ini akan membuat sirkulasi udara dalam tubuh dalam kondisi baik.

Selain gowes, juga dilaksanakan senam bersama oleh warga di Balai Desa Wringin Anom.

Warga Desa Wringin Anom berfoto bersama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni di sela rangkaian acara Subuh Berjamaah berupa bersepeda dan senam bersama di Balai Desa setempat.

Apalagi, katanya, bila kegiatan luar ruang itu adalah olah raga seperti bersepeda atau senam. Terutama jika bersepeda mengelilingi wilayah yang masih hijau dengan pepohonan yang rindang dan asri.

“Hal ini tentu akan membuat tubuh segar dan sehat,” ungkap birokrat yang akrab disapa Irine ini.

Selain soal kesehatan, Subuh Berjamaah Bersama Bupati juga menghubungkan para kepala OPD dalam forum informal usai gowes atau senam yang biasa dilaksanakan selama ini.

“Untuk hal-hal tertentu bisa langsung koordinasi. Dan itu bisa memberikan solusi yang lebih nyata di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni berpesan, subuh berjamaah akan mempererat silaturahmi dan kerukunan. “Sebab, hal inilah yang akan jadi modal pembangunan kita,” ucapnya.

Subuh Berjamaah Bersama Bupati di Wringin Anom dilanjut bersepeda bareng warga dan senam oleh ibu-ibu PKK dan remaja putri setempat. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *