Hanya di Ponorogo, Desa Zero DBD Bakal Dapat Reward

By on January 7, 2020 0 123 Views

Tak ingin Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi seperti tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengantisipasinya dengan cara melakukan sosialisasi masyarakat tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M+.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan Pemkab Ponorogo sudah melakukan sosialisasi PSN dengan cara 3M+ kepada masyarakat sehingga tak terjadi KLB DBD seperti pada tahun lalu.

“Minimal masyarakat mengurangi dan menghilangkan genangan air, baik di rumah maupun di lungkungan sekitarnya sehingga jentik nyamuk tak lagi berkembang,” ungkapnya, Selasa (7/1/2020).

Tak tanggung-tanggung dalam memberikan semangat warganya untuk melakukan PSN, Bupati Ipong akan memberikan penghargaan kepada desa maupun kecamatan yang zero (tanpa) DBD.

“Nantinya didesa atau kelurahan yang zero DBD akan kami beri penghargaan,” imbuhnya.

Bupati Ipong juga meminta kepada seluruh kepala desa atau lurah untuk menjadi pelopor pencegahan DBD di desa masing-masing dengan cara PSN, pasalnya kalau dengan fogging bukan solusi.

“Membasmi DBD dengan cara PSN, bukan dengan fogging, fogging itu hanya membunuh nyamuk yang besar bukan jentiknya dan itu juga sebagai upaya terakhir bila terjadi DBD,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *