Subuh Berjamaah, Bupati Ipong Ingin Warga Plalangan Kokoh Lahir dan Batin

By on February 24, 2020 0 83 Views

Dalam rangka mewujudkan Ponorogo yang “lebih maju, berbudaya, dan religius” Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, terus menggalakkan gerakan Subuh Berjamaah bersama masyarakat desa se-Kabupaten Ponorogo. Kali ini subuh berjamaah dilaksanakan di Masjid Baitul Akbar, Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, pada 24 Februari 2020.

Rombongan Bupati Ipong hadir bersama Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, jajaran OPD dan Forkopimda tiba di lokasi pada pukul 04.00 WIB, pada kesempatan tersebut sholat dipimpin oleh Drs. H. Sutarto Karim dan dilanjutkan sambutan takmir oleh Bambang Wijanarko, S.Pd. M.Pd. Masjid yang berdiri sejak jaman kolonial ini merupakan bangunan tua yang terus dirawat oleh masyarakat desa Plalangan.

Bupati Ipong berharap, gerakan yang dicanangkannya sebisa mungkin dapat mengakar hingga ke tingkat kecamatan, kelurahan, atau sampai ke tingkat desa dan digiatkan oleh para pemuda baik komunitas maupun karang taruna.

This slideshow requires JavaScript.

“Sebagai sebuah gerakan diharapkan akan terus dilakukan, saya yakin masyarakat Ponorogo ini bisa menjadikan gerakan subuh berjamaah ini menjadi icon tradisi yang mengakar di tubuh masyarakat Ponorogo,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam pembangunan kesadaran rohani butuh proses yang cukup lama, karena ini sebagai sebuah motivasi yang belum terlihat apa yang akan diperoleh, karenanya Bupati Ipong mengajak seluruh masyarakat Ponorogo untuk terus melatih subuh berjamaah setiap hari di Masjid terdekat.

“Insyallah kalau kita sudah melaksanakan dan membiasakan subuh berjamaah, untuk melakukan sholat fardu lain bisa lebih ringan, sebagai sebuah gerakan saya mengajak seluruh pejabat pemerintah agar masyarakat bisa mengikuti apa yang menjadi program pemerintah yang positif ini,” pungkasnya.

“Mudah-mudahan semua yang kita lakukan ini menjadi sebuah upaya kita semua dalam mewujudkan cita-cita bersama, yaitu Ponorogo Maju, Berbudaya, dan Religius. Jadi rakyatnya bisa maju, berbudaya beradab, tapi juga bermartabat, setiap program pembangunan yang kita rencanakan dari tahun ke tahun harus bisa memberikan kesejahteraan jasmani dan rohani masyarakat Ponorogo,” Imbuhnya.

Seusai melaksanakan subuh berjamaah Bupati Ipong melanjutkan kegiatan gowes bersama seluruh jamaah dan masyarakat, bersama-sama Bupati Ipong mengelilingi desa Plalangan untuk melihat seberapa jauh pembangunan infrastruktur dan potensi pertanian yang ada di Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan ini.

This slideshow requires JavaScript.

Tidak sampai disitu, Bupati Ipong mengajak seluruh rombongan untuk bertolak ke salah satu Wisata Lokal yang ada di Ngedam Cokro, bersama Ketua DPRD, Ketua Kejaksaan Negeri, dan Kepala OPD, Bupati Ipong sempatkan naik perahu getek untuk meninjau potensi wisata lokal yang dekat dengan wilayah pusat Kabupaten Ponorogo. Harapannya dari potensi ini akan menambah lapangan kerja seperti dibukanya warung-warung dan wisata untuk anak-anak sehingga ke depan masyarakat di Kabupaten Ponorogo tidak perlu jauh-jauh untuk berlibur karena di Ponorogo sudah ada area wisata yang dekat.

Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, 24 Februari 2020
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *