Peringati Harganas Ke-27, di Ponorogo Ada Layanan KB Gratis dan Bagi Masker

June 29, 2020 13:41 WIB 96 Views

HARI Keluarga Nasional (Harganas) pada 2020 yang jatuh pada 29 Juni ini diperingati dengan agak berbeda di Ponorogo. Dinas yang bertanggung jawab pada pengendalian jumlah penduduk ini menggelar layanan KB gratis dan bagi -bagi masker di sejumlah titik.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Ponorogo Harjono, Senin (29/6/2020), mengatakan, situasi peringatan yang berada di tengah pandemi memang membuat kegiatan peringatan tidak semeriah tahu-tahun sebelumnya. Ini karena memang ada ketentuan untuk tidak membentuk kerumunan.

Duta Genre Ponorogo saat berbagi bunga masker kepada masyarakat di Aloon-Aloon Ponorogo (Senin, 29/6/2020).

“Kegiatan upacara atau apel kita tiadakan demi menjaga kondisi kesehatan kita semua. Akan tetapi sebelum hari peringatan hari ini, kami sudah menggelar layanan KB gratis untuk masyarakat Ponorogo. Hari ini sudah hari terakhir dan tinggal memasukkan data peserta layanan. Secara nasional, targetnya adalah layanan untuk 1 juta akseptor KB,” terang Harjono.

Dinas PP dan KB Ponorogo sendiri menargetkan sekitar 600-an akseptor yang terlayani sejak pekan lalu. Harjono berharap jumlah ini tercapa mengingat untuk pelayanan tidak dilakukan seara massal karena harus menghindari kerumunan.

Duta Genre Ponorogo saat berbagi bunga masker kepada masyarakat di Aloon-Aloon Ponorogo (Senin, 29/6/2020).

Selain pelayanan, para Duta Genre Ponorogo juga menggelar kegiatan untuk mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan sekaligus memberikan edukasi pentingnya keluarga berencana. Sejumlah Duta Genre tampak membagikan bunga dan masker kepada warga. Mereka bagi-bagi masker gratis di sejumlah taman dan perempatan. Termasuk di antaranya di Aloon-Aloon Ponorogo.

“Jadi adik-adik Duta Genre Ponorogo ini mengajak masyarakat untuk sadar keluarga berencana, anak-anak muda diberi edukasi untuk merencanakan kehidupan berkeluarganya di masa depan. Mulai mencegah nikah terlalu muda, menjauhi seks bebas dan narkoba,” terang Harjono. (kominfo/dist, foto-foto : Dinas PP dan KB Kabupaten Ponorogo)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *