Pusat Terus Dorong Daerah Laksanakan SPBE

July 7, 2020 15:00 WIB 206 Views

PEMERINTAH pusat terus mendorong daerah-daerah di Indonesia untuk segera melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Ini agar berbagai pelayanan kepada publik dan penyelenggaraan pemerintah lebih efektif.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Ponorogo Gulang Winarno, Selasa (7/7/2020) usai video conference soal SPBE di gedung Command Center Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ponorogo.

Sejumlah pejabat Pemkab Ponorogo saat mengikuti video conference soal penerapan SPBE di Command Center Gugus Tugas Penanggulangan covid-10 Kabupaten Ponorogo, Rabu (7/7/2020).

“Dalam vidcon ini beberapa materi terkait pelaksanaan SPBE dipaparkan oleh pejabat yang berwenang. Mulai dari standar manajemen keamanan informasi sampai integrasi semua dinas dalam rangka pelaksanaan SPBE di masing-masing daerah. Kalau sudah bisa terintegrasi, memang akan lebih nyaman dalam memberikan pelayanan dan lain sebagainya,” ungkap Gulang.

Dijelaskannya, dalan vidcon tersebut pemerintah pusat memberikan penjelasan tentang berbagai hal tentang pelaksanaan SPBE di tiap kabupaten/kota di masa mendatang. Narasumbernya terdiri dari pejabat di Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kementerian PAN-RB dan beberapa narasumber lainnya, termasuk para konsultan.

Suasana video conference soal penerapan SPBE di Command Center Gugus Tugas Penanggulangan covid-10 Kabupaten Ponorogo, Rabu (7/7/2020).

“Intinya kita didorong untuk melakukan percepatan dalam menerapkan SPBE,” kata Gulang yang dalam vidcon kali ini bersama dengan sejumlah pejabat dari Inspektorat dan BKD.

Pemkab Ponorogo sendiri dinilai sudah siap dengan penerapan SPBE. Saat ini, sejumlah fasilitas dan perangkat lunak serta berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan SPBE. “Kita sudah siap. Kita juga bermitra dengan salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur terkait pelaksanaannya. Soal kapan, kita tunggu saja,” pungkas Gulang. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *