Bertambah 11 kasus Baru, Ponorogo jadi Zona Orange

July 9, 2020 15:18 WIB 1817 Views

Kabupaten Ponorogo berubah status dari zona kuning atau resiko rendah menjadi zona orange atau resiko sedang. Hal ini disebabkan meningkatnya kasus positif Covid-19 secara signifikan, seperti pada hari ini, Kamis (09/07/2020) pasien terkonfimasi positif corona bertambah 11 orang.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengindikasi berubahnya status dari zona kuning ke zona orange tersebut terjadi karena penambahan kasus dari klaster Ronowijayan.

“Peringkat zona itu ditentukan tingkat penularan, bukan jumlah kasus. Seperti klaster Ronowijayan itu semula 1 pasien sekarang menjadi 10. Kalau klaster Gontor belum, karena terkonfirmasi positifnya hampir dikatakan bersamaan, bukan tertular. Yang bikin orange karena tingkat penularan di Klaster Ronowijayan,” Ungkap Bupati Ipong, Kamis (9/7/2020) di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Ponorogo.

Bupati Ipong mengatakan, penambahan 11 kasus baru hari ini, 4 pasien dari sub klaster kendari, 3 dari klaster Panjeng (Jenangan), 1 dari Desa Joresan, Kecamatan Mlarak, anak dari PDP yang meninggal beberapa waktu lalu, dan 3 dari klaster Ronowijayan (Siman).

“Total sekarang Klaster Ronowijayan sudah 10 orang, apakah nanti akan diisolasi, kami masih akan mempertimbangkan, sebenarnya contact tracing sudah ditemukan dan untuk yang sub klaster Kendari kami sudah me-rapid test 145 orang, 11 reaktif dan hasil swabnya 10 positif 1 negatif,” jelas Bupati Ipong.

Sebagai tindak lanjut hal tersebut, Bupati Ipong akan memanggil Kepala Desa Panjeng, Patihan Kidul, dan Lurah Ronowijayan untuk menentuan sikap dalam memutus mata rantai penularan covid-19 di wilayahnya.

Bupati juga terus mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena cara agar terhindar dari virus corona ini dengan cara tertib protokol kesehatan.

“Sampai saat ini belum ada vaksin terkait virus ini, tetap disiplin protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas diluar,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *