Rencananya Juli Ini Proyek Pasar Legi ‘Munggah Molo’

July 14, 2020 16:59 WIB 402 Views

PROYEK pembangunan gedung Pasar Legi Ponorogo akan segera masuk tahap pemasangan rooftop atau bagian atap tertinggi pada Juli ini. Rencananya, pemasangan rooftop akan ditandai dengan upacara adat ‘munggah molo’.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Addin Andanawarih, Selasa (14/7/2020) mengatakan, saat ini progres pembangunan proyek gedung Pasar Legi sudah mencapai 40 persen menuju 50 persen. Artinya, proyek sudah separuh jalan.

Proyek pembangunan gedung baru Pasar Legi segera masuk tahap pemasangan rooftop

“Perkiraan, pada Juli bisa mulai memasang bagian atap. Kita merencanakan akan memasang bagian tertinggi gedung itu dengan upacara adat munggah molo. Kemungkinan bapak Bupati (Ponorogo, Ipong Muchlissoni) sendiri yang akan melakukan adat munggah molo dengan memasang paku emas di molonya nanti. Dicari hari dan waktu yang pas untuk itu,” terang Addin.

Dikatakannya, pihak APG (Adhi Persada Gedung, BUMN pelaksana pembangunan gedung Pasar Legi) sudah menyetujui rencana adat munggah molo ini. Termasuk nantinya akan mengundang para pedagang untuk ikut hadir dalam kegiatan selamatan tersebut.

Proyek pembangunan gedung baru Pasar Legi Ponorogo ditargetkan selesai Desember nanti.

Addin mengatakan, sesuai jadwal, pembangunan gedung baru Pasar Legi ini akan selesai pada akhir Desember mendatang. Memang, ada permintaan pengunduran jadwal dari jadwal semula. Hal ini akibat adanya pandemi covid-19 yang ternyata sempat membuat beberapa pekerjaan terhambat.

“Memang ada permintaan mundur dua pekan. Dan kalau kami yang di sini bisa memaklumi dan memberi toleransi. Karena memang ada covid-19 ini ya. Mungkin ada pasokan material yang tersendat, ada transportasi yang kemarin-kemarin nggak bisa jalan. Jadi ya menurut kami masih wajar permintaan itu,” kata Addin.

Gedung baru Pasar Legi ini akan terdiri dari empat lantai dan mampu menampung sekitar 4 ribu pedagang. Mereka yang akan masuk ke gedung baru Pasar Legi adalah pedagang dari tiga titik. Yaitu pedagang Pasar Legi yang saat ini di lokasi sementara atau Pasar Relokasi, pedagang Pasar Lanang (Pasar Legi bagian selatan) dan pedagang Pasar Stasiun yang sudah bersedia diajak pindah ke Pasar Relokasi. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *