Jelang Idul Adha, DIPERTAHANKAN Cek Kesehatan Hewan Kurban

July 15, 2020 13:46 WIB 269 Views

Menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DIPERTAHANKAN) Kabupaten Ponorogo melakukan pengecekan kesehatan dan ketersediaan hewan di pasar serta peternakan.

Wikan Dedi Astuti, Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dipertahankan Kabupaten Ponorogo mengatakan, jelang hari raya kurban pihaknya akan melakukan pemantauan hewan selama beberapa hari kedepan hingga menjelang hari raya kurban di pasar-pasar hewan dan peternakan yang ada di Ponorogo.

Beberapa sapi di Pasar Hewan Jetis

“Hari ini kami melakukan pengecekan di Pasar Hewan Jetis, didapati rata-rata hewan yang dijual semua sehat mulai dari sapi hingga kambingnya,” ungkapnya, Rabu (15/7/2020).

Dari pantauan dilapangan, Wikan mengatakan, ditemukan sapi yang mengalami kaskado, dan beberapa yang belum powel, namun biasanya hewan-hewan tersbut untuk dipelihara lagi.

Selain melakukan pengecekan hewan, Wikan juga memberikan tips kepada para pencari hewan kurban untuk memilih hewan yang benar-benar sehat dan sesuai syariat islam. Untuk ketersediaan sapi dan kambing dari peternak Ponorogo, dikatakannya jumlahnya mencukupi.

“Dalam memilih hewan kurban diutamakan yang sehat tidak sakit, dan sesuai syariat islam, dan saat memasuki pasar hewan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *