Libur Lebaran Panjang, Pecah Gelombang Arus Balik

ARUS balik hampir mencapai puncaknya. Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo berupaya merekayasa lalu lintas sedemikian rupa agar tidak terjadi kemacetan.

Di beberapa titik jalan sengaja diterapkan satu arah. Bahkan, dinas yang dikepalai Endang Retno Wulandari itu berani men-stand by-kan traffic light di simpang empat Mlilir.

‘’Kendaraan dari utara dan selatan jalan terus, kami juga memasang water barrier (pembatas jalan),’’ kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendali Operasi Lalu Lintas Aangkutan Jalan (LLAJ) di Dishub Ponorogo Erry Setiyoso Birowo, Sabtu (7/5/2022).

Menurut dia, arus balik sudah berlangsung sejak Selasa (3/6/2022). Masa libur Lebaran yang cukup panjang membuat gelombang arus balik terpecah-pecah. Erry berharap tidak terjadi penumpukan arus balik pada Minggu (8/5/2022).

Pihaknya menilai traffic light yang stand by dengan hanya lampu kuning menyala cukup efektif mengurai kemacetan. Arus lalu lintas di jalur utama mudik dan balik mengalir lancar.

‘’Terkendali aman, kami juga selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian,’’ terangnya.

Dia mengamati terjadi peningkatan jumlah kendaraan menuju arah berlawanan dengan jalur mudik. Di simpang empat Tambakbayan, misalnya, kendaraan bermotor roda dua dan empat bernopol Jawa Tengah banyak mengarah ke barat.

Demikian pula kepadatan lalu lintas menuju Surabaya yang melewati simpang empat Mlilir ke utara. ‘’Titik macet muncul di kawasan alun-alun dan sejumlah tempat wisata,’’ ungkapnya. (kominfo/win/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*