Memilih Duta Wisata Kakang Senduk Ponorogo Yang Brain, Beauty, Behaviour, and Brave

TIDAK cukup hanya bermodalkan postur semampai. Meskipun tinggi badan minimal Kakang Ponorogo adalah 170 centimeter, sedangkan Senduk Ponorogo minimal 160 centimeter. Para duta wisata itu wajib memenuhi aspek brain, beauty, behaviour, and brave (4B) sebagai kriteria penjurian. ‘’Ajang untuk melahirkan SDM (sumber daya manusia) yang berbudaya dan beradab,’’ kata Bupati Sugiri Sancoko saat Grand Final Pemilihan Kakang Senduk Ponorogo 2022 di Sasana Praja, Kamis (24/11/2022) malam.

Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—berharap para Kakang dan Senduk mampu menjadi pelopor perkembangan dan promosi pariwisata di Ponorogo. Tak urung, mereka harus memiliki kecerdasan (brain) dengan wawasan luas. Brain adalah aspek yang paling berpengaruh terhadap kredibilitas seseorang. Sedangkan aspek beauty tidak berarti melulu memiliki wajah tampan dan cantik dengan badan yang tinggi proporsional. Namun, lebih berfokus kepada penampilan yang menarik.

Pemilihan Duta Wisata Kakang dan Senduk Ponorogo melewati serangkaian tes tulis, wawancara, tes talenta, dan performance. Dewan juri juga menilai aspek behavior (tingkah laku) menandai attitude (sikap) yang santun. Kriteria brave mematok syarat seorang duta wisata memiliki keberanian yang kuat sebagai fondasi menjalani kehidupan. ‘’Ini bukan sekadar kontes, tapi memilih duta yang akan berperan aktif dalam kemajuan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Ponorogo,’’ terang Ketua Panitia Pemilihan Duta Wisata Kakang dan Senduk 2022 yang juga Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi. (kominfo/fad/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*