Dukung Penuh UMKM, Mulai Urus Izin hingga Pendampingan Pemasaran

SALAH satu poin dalam Nawa Dharma Nyata adalah mewujudkan UMKM HEBAT. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita ketika mengusung visi serta misi meyakini usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan garda terdepan ekonomi kerakyatan. UMKM sudah terbukti tangguh menghadapi gejolak ekonomi maupun resesi.

‘’Kami dukung keberadaan UMKM melalui penyelenggaraan Pasar Ramadhan, Bazar Ramadhan, serta pendampingan pengurusan PIRT (pangan industri rumah tangga) dan sertifikasi halal,’’ kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Tidak berhenti di situ, pihaknya mendorong UMKM agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Di antaranya, lewat peran PKK Academia (binaan TP PKK beranggotakan para remaja) yang mendampingi pelaku UMKM merambah dunia digital guna memasarkan produk di marketplace atau media sosial. Jumlah UMKM di Ponorogo pada tahun 2022 bertambah hingga mencapai 39.650.

Selain menginisiasi melalui beragam kegiatan, Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—juga mengajak semua pihak mendukung keberadaan UMKM dengan membeli produknya. ‘’Lebaran nanti isi toples di meja dengan produk-produk UMKM ya. Kita dukung UMKM sebagai garda terdepan ekonomi kerakyatan. Kalau UMKM jaya, masyarakat sejahtera,’’ imbau Kang Bupati. (kominfo/dyah/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*