Seleksi Terbuka Empat Kepala Dinas, Bupati Sugiri Akan Dapat Sodoran 12 Calon Terbaik

EMPAT formasi jabatan kepala dinas yang selama ini lowong di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo segera terisi. Itu bersamaan turunnya surat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 29 September 2023 untuk menggelar seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) tersebut. Dari tahapan proses seleksi administrasi, kompetensi manajerial (assessment), serta presentasi uji makalah dan sesi wawancara, maka bakal didapat tiga calon terbaik pada masing-masing formasi kepala dinas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono yang juga ketua panitia seleksi JPTP menerbitkan pengumuman tentang seleksi terbuka calon kepala dinas perhubungan (dishub); kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD); kepala dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP); serta kepala dinas perdagangan, koperasi dan UMKM (disperdagkum) itu. Seleksi berlangsung terbuka karena para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kabupaten/kota/provinsi di Jawa Timur yang memenuhi syarat berhak mendaftar. “Pendaftaran mulai dibuka tanggal 29 September sampai dengan 13 Oktober mendatang,’’ kata Agus Pram —sapaan Agus Pramono, Jumat (6/10/2023).

Menurut dia, setiap formasi minimal harus ada tiga pelamar. Jika kuota pelamar belum juga terpenuhi sampai batas waktu pendaftaran habis, maka pansel terpaksa memperpanjang masa pendaftaran. Pansel nantinya menyodorkan 12 nama calon kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko untuk mengisi formasi empat kepala dinas itu. “Sesuai jadwal, pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 26 Oktober,” jelasnya.

Calon kepala dinas wajib memenuhi sederet persyaratan sebelum melamar JPTP. Dari kualifikasi kepangkatan minimal pembina (IV/a) serta dari kualifikasi jabatan sedang atau pernah menduduki jabatan administrator minimal eselon III a. paling singkat dua tahun dan eselon III b. paling singkat tiga tahun. Pengalaman menjabat itu harus sesuai dengan kompetensi bidang yang dilamar bagi pelamar pada JPTP eselon II.b. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional minimal menduduki jenjang jabatan ahli madya paling singkat dua tahun.

Syarat lainnya adalah pernah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III atau pelatihan kepemimpinan administrator bagi pelamar yang berasal dari jabatan administrator. Pun, pelamar harus menyusun makalah dengan tema kebijakan dan inovasi pembangunan daerah sesuai formasi jabatan. Makalah yang berisi gagasan dalam upaya percepatan pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo itu bakal dipresentasikan di depan panitia seleksi bersamaan sesi wawancara. (kominfo/fad/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*