Breaking News
  • Home
  • Umum
  • 43 Pilot Ikut Jungle Survival Di Telaga Ngebel

43 Pilot Ikut Jungle Survival Di Telaga Ngebel

By on February 21, 2019 0 257 Views

Pelatihan dasar jungle survival yang diadakan oleh Lapangan Udara (Lanud) Iswahyudi, Magetan, yang bertempat di Telaga Ngebel Ponorogo, Kamis (21/2/2019). Latihan ini merupakan latihan dimana ketika para pilot mengalami gangguan sistem pesawat yang di akibatkan oleh musuh. Seketika itu pilot langsung melakukan inject (keluar pesawat dengan kursi lontar) untuk menyelamatkan diri.

Lantas, setelah ketemu daratan/lautan pilot tersebut lantas berlari ke dalam hutan untuk menyelamatkan diri dan sebagai tempat persembunyian hingga bantuan datang. 

Komandan Wings 3 Lanud Iswahjudi Kolonel Penerbang Muhammad Satrio Utomo mengatakan ini merupakan pelatihan dasar jungle survival yang di lakukan pertama kali di Telaga Ngebel.

Ada sbanyak 43 pilot dan teknisi pesawat diajari bagaimana cara bertahan hidup dari serangan musuh di hutan. Termasuk tahapan proses evakuasi ketika ada helikopeter penyelamat datang.

“Ini nantinya untuk menimgkatkan kemampuan dan beradaptasi jika prajurit sedang dalam konflik,”ungkapnya. 

Saat di tanya kenapa latihan survival ini di adakan di Telaga Ngebel, Satrio Menjelaskan bahwa di Telaga Ngebel sengaja dipilih karena memiliki karakteristik yang ideal untuk latihan survival dasar.

“Telaga Ngebel karakternya pas untuk latihan survival dasar bagi penerbang, dan didalam hutan ada aksi makan ular, untuk bisa bertahan hidup di hutan,” jelasnya. (Kominfo/fdl)

  Umum
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *