Breaking News
  • Home
  • News
  • 438 Calon Anggota DPRD Ponorogo Lolos Verifikasi Perbaikan

438 Calon Anggota DPRD Ponorogo Lolos Verifikasi Perbaikan

By on August 9, 2018 0 1573 Views

SEBANYAK 438 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo dinyatakan lolos verifikasi perbaikan. Mereka akan segera masuk ke dalam Daftar Calon Sementara sebagai peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Hal ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo mendapatkan 15 nama bakal calon anggota lembaga legislatif (bacaleg) yang masuk kategori TMS atau Tidak Memenuhi Syarat. Mereka akhirnya dicoret dari pencalonan dan tidak bisa digantikan. Ke-15 orang tersebut tidak akan bisa maju lagi dalam persaingan memperebutkan kursi pembawa aspirasi rakyat kali ini.

Dalam verifikasi perbaikan bacaleg Ponorogo, terdapat 438 orang yang lolos dan akan segera diumumkan ke publik dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Salah satu warga melintas di depan kantor KPU Ponorogo, Rabu (8/8/2018)

Komisioner KPU Ponorogo Bidang Hukum Teguh Wiyono menjelaskan, pada verifikasi perbaikan bacaleg yang berakhir Selasa (7/8/2018) kemarin, ke-15 bacaleg diketahui berkas syaratnya tidak lengkap.

“Ada 13 syarat yang semuanya harus terpenuhi (sebagai bacaleg). Syarat ini prinsipnya adalah akumulatif dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Maka ketika satu saja tidak terpenuhi maka ya dinyatakan TMS,” Teguh Rabu (8/8/2018).

Teguh merinci, mereka yang dinyatakan TMS jumlahnya dua orang dari Partai Golkar, satu orang dari Partai Garuda, satu orang dari Partai Berkarya, satu orang dari PPP, tiga orang dari PSI, satu orang dari Partai Hanura dan enam orang dari PBB. Dari 15 bacaleg yang TMS ini, sebanyak tujuh orang adalah bacaleg laki-laki dan delapan orang bacaleg perempuan.

Meski lebih banyak bacaleg perempuan yang tergusur, namun menurut Teguh hal ini tidak akan memengaruhi prosentase keterwakilan perempuan dalam pencalonan kali ini. Sebab jumlahnya sudah mencapai lebih dari 30 persen.

“Waktu mendaftar ada 453 bacaleg, setelah perbaikan dan verifikasi perbaikan, sekarang tinggal 438 orang karena 15 orang TMS. Berita acara verifikasinya sudah kita serahkan ke masing-masing parpol, kemarin (Selasa, 7/8/2018),” ungkap Teguh.

Komisioner KPU Ponorogo Bidang Hukum Teguh Wiyono.

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang akan diumumkan ke masyarakat luas pada 12-14 Agustus mendatang, hanya akan 438 nama saja. Setelah itu, ada 12-21 Agustus, KPU akan menerima masukan dari publik terkait nama-nama dalam DCS caleg tersebut.

“Warga bisa memberi masukan ke kami. Masukan dari masyarakat akan diklarifikasi ke parpol masing-masing bacaleg dan parpol yang akan mengecek ke bacaleg yang bersangkutan,” ujarnya. Setelah ada masukan dan klarifikasi, jumlah bacaleg tetap dalam DCT atau Daftar Calon Tetap bisa jadi menyusut lagi.

Pileg Ponorogo memperebutkan 45 kursi legislator di enam daerah pemiihan. Kali ini, terdapat 15 parpol yang mendaftarkan calegnya di Ponorogo. Satu parpol, yaitu PKPI tidak memiliki ‘jago’ di Ponorogo. (kominfo/dis)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *