Breaking News
  • Home
  • News
  • 60 Cakades Undi Nomor Urut Pilkades Serentak 2018

60 Cakades Undi Nomor Urut Pilkades Serentak 2018

By on July 16, 2018 0 1591 Views

COBLOSAN untuk memilih kepala desa di 60 desa dari 18 kecamatan di Kabupaten Ponorogo alias Pilkades Serentas 2018 terus menjalani tahapannya. Senin (16/7/2018), lebih dari 120 calon kepala desa yang akan mengikuti kontestasi perebutan jabatan tertinggi di desanya masing-masing telah mendapatkan nomor urut.

Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ponorogo Trikarjanto mengatakan, tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Ponorogo sudah memasuki tahap penentuan nomor urut. Nomor urut ini akan menjadi bahan untuk pembuatan urutan dan penomoran dalam surat suara. Juga menjadi rujukan untuk penjadwalan dalam kampanye.

“Hari ini (Senin, 16/7/2018), semua desa yang melaksanakan pilkades serentak melaksanakan pengundian. Setelah diketahui urutan, maka panitia pilkades di masing-masing wilayah tersebut akan bisa menentukan jadwal dan lokasi kampanye masing-masing calon,” ungkap Trikarjanto.

Pada pilkades serentak kali ini, tidak ada desa yang memiliki calon tunggal. Paling sedikit calonnya ada dua, banyak juga yang lebih. Jadi jumlahnya lebih dari 120 orang cakades. “Kita belum inventaris lagi, tapi pasti lebih dari 100 orang yang maju sebagai cakades kali ini,” ujarnya.

Untuk lokasi, lanjut Trikarjanto, boleh di mana saja dengan pengecualian di kantor pemerintahan, sekolah dan tempat ibadah serta lokasi lain yang ditentukan. Para cakades yang telah memiliki nomor urut tersebut akan menjalani kampanye ada 25 Juli sampai 27 Juli 2018 atau selama tiga hari.

“Pelaksanaan coblosannya sendiri adalah pada 31 Juli mendatang,” imbuh Trikarjanto.

Pengundian nomor urut ini adalah lanjutan dari tahap sebelumnya yang dimulai dengan pengumuman pendaftaran calon pada 10 Mei, pendaftaran bacakades pada 13 Mei, pengumuman dan pendaftaran tahap kedua, penelitian kelengkapan berkas pada 8-11 Juni sampai pada pengiriman berkas ke bupati.

Setelah undian nomor urut, tahap selanjutnya adalah penetapan jadwal kampanye ada 17 Juli dan kampanye pada 25-27 Juli mendatang. Pada 28-29 Juli merupakan hari tenang masa pilkades serentak 2018 dan puncaknya adalah pencoblosan 31 Juli 2018. Kades terpilih akan dilantik oleh bupati Ponorogo pada 13 September 2018.

“Dari sisi kesiapan, semuanya sudah siap. Tahapan bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti. Termasuk dari sisi keamaan, di mana kami sudah berkoordinasi denga Polres Ponorogo dan Kodim 0802 Ponorogo,” ungkap Trikarjanto.

Pilkades serentak kali ini akan diikuti pilkades serentak pada 2019 mendatang. Dijadwalkan ada 198 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak pada tahun yang juga merupakan tahun pilpres dan pileg tersebut. Hanya saja sampai saat ini jadwal pelaksaan pilkades serentak 2019 belum ditentukan.

Dan, lanjut Trikarjanto, tidak akan pernah ada lagi pilkades yang dilaksanakan terpisah waktu pelaksanaannya. “Semua desa akan serentak pilkadesnya,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *