Breaking News
  • Home
  • Slider
  • ACS Mampu Tekan Angka Kecelakaan Pelajar

ACS Mampu Tekan Angka Kecelakaan Pelajar

By on April 26, 2018 0 279 Views

KECELAKAAN  yang melibatkan pelajar memang selalu membuat hati miris. Tapi ternyata kejadian ini bisa ditekan dengan adanya Angkuta Cerdas Sekolah (ACS) yang mulai dioperasikan Pemkab Ponorogo melalui Dinas Perhubungan pada 2017 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo Djunaidi mengatakan, ACS telah dievaluasi dan diakui telah memberi manfaat bagi para penggunanya. Terbukti, angka kecelakaan di Kabupaten Ponorogo yang melibatkan pelajar angkanya tergolong rendah.

“Kami terus mengevaluasi program. Dan data yang kami terima dari Satlantas Polres Ponorogo menyebutkan, selama ada ACS, pada jam operasional ACS, kecelakaan yang melibatkan pelajar jumlahnya rendah,” ungkap Djunaidi, Kamis (26/4/2018).

Armada ACS yang sedang menunggu para pelajar penumpangnya di Jl. Soekarno-Hatta Ponorogo. (foto:kominfo)

Disebutkannya, data yang didapatkannya menyatakan pada Januari hingga Juni 2017 lalu, kecelakaan yang terjadi pada jalur atau rute yang dilewati armada ACS mencapai 111 kejadian. Setelah data tersebut ditarik pada jam operasional ACS diketahui, kecelakaan yang melibatkan pelajar hanya sembilan kejadian.

“Hanya ada sembilan kecelakaan di jam berangkat sekolah dan jam pulang sekolah. Dan, kerugiannya sangat minim karena para korban kecelakaan itu hanya mengalami luka ringan. Itu fakta dan data yang direkam polisi lo ya, bukan kami,” terangnya sambil menyebut tidak ada korban luka berat apalagi korban jiwa.

Karena itu, menurutnya armada ACS memang sebaiknya ditambah. “Kalau idealnya, 30 persen pelajar kita yang jumlahnya 7 ribu bisa diangkut armada ACS. Tapi sekarang kan baru 625 pelajar dengan 41 armada sekali angkut. Tapi itu nanti lah kalau sudah ditambah anggarannya,” pungkasnya sambil tersenyum. (kominfo/dist)