Breaking News

Ada #GISA2018, Yuk Sadar Adminduk

By on March 19, 2018 0 219 Views

Pada 2018 ini pemerintah mengajak masyarakat untuk sadar adninistrasi kependudukan melalui Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA)

TERNYATA masih banyak warga yang belum sadar dengan pentingnya data dan berkas administrasi kependudukan. Akhirnya, sejumlah kesulitan pun terjadi karena tidak punya atau belum memperbarui administrasi kependudukannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ponorogo Vifson Suisno mengatakan, saat ini pihaknya masih terus menunggu warga yang ingin melengkapi administrasi. Pihaknya selalu siap untuk memberikan pelayanan agar berkas administrasi kependudukan milik masyarakat bisa lengkap dan valid.

“Saat ini ada GISA, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk. Hal ini penting karena masyarakat punya hak untuk mendapatkan pelayanan kependudukan sehingga segala urusannya yang terkait dengan dokumen kependudukan tidak terganggu. Mulai dari mencari kerja, sekolah sampai mengurus berbagai perizinan,” ungkap Vifson, Senin (19/3/2018).

Vifson menyebut ada 23 jenis dokumen kependudukan yang siap dilayani oleh dinasnya. Mulai dari akte kelahiran, KTP, Kartu Keluarga sampai akte kematian. Dokumen dan pelayanannya merupakan hak dari masyarakat. Namun, warga wajib melakukan pengurusan. Semuanya agar hal-hal terkait data penduduk bisa lebih valid.

“Kita targetkan ada ‘Desa Sadar Adminduk’. Yaitu desa yang serluruh warganya memiliki dokumen kependudukan secara lengkap. Kalau ada yang lahir segera dibuatkan akte, kalau ada yang meninggal segera dibuatkan akte kematian, yang baru saja menikah segera membuat KK baru dan seterusnya. Dengan begitu, pencatatan kondisi kependudukan warganya bisa tertib dan valid,” ungkapnya sambil menyebut akan ada penghargaan dari pemerintah pusat terkait Desa Sadar Adminduk ini.

Untuk mendukung gerakan yangdigaungkan di awal tahun ini, lanjut Vifson, pihaknya siap melakukan sejumlah terobosan. Di antaranya dengan melakukan aksi jemput bola, yaitu menggelar pelayanan keliling untuk pembuatan KTP-el.

“Yang sudah terlaksana adalah di kampus dan di sejumlah sekolah,” ungkapnya.

Karena adminduk akan membuat urusan kita makin lancar, yuk kita dukung #GISA2018 dan sadar adminduk. (kominfo/dist)

Pada 2018 ini pemerintah mengajak masyarakat untuk sadar adninistrasi kependudukan melalui Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA)