Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Agar Hemat, Seluruh PJU di Ponorogo Akan Dipasangi Meteran

Agar Hemat, Seluruh PJU di Ponorogo Akan Dipasangi Meteran

By on May 2, 2018 0 285 Views

PENERANGAN jalan umum atau PJU di seluruh Kabupaten Ponorogo akan dipasangi meteran listrik. Ini dilakukan sebagai upaya nyata mengembalikan retribusi PJU yang dibayar warga sekaligus untuk menghemat pembayaran listrik oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo Djunaidi mengatakan, sejak awal Januari 2018, pihaknya telah melakukan survei untuk pamasangan meteran listrik pada ratusan titik PJU di Ponorogo. Pada triwulan pertama 2018 lalu, survei telah dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu di Kecamatan Ponorogo dan Kecamatan Siman.

“Tujuan pemasangan meteran, salah satunya adalah untuk menghemat listrik. Perhitungan kami, ada sekitar 30 persen efisiensi nantinya kalau dipasangi meteran,” ungkap Djunaidi, Rabu (2/5/2018), di kantornya.

Lampu yang merupakan penerangan jalan umum (PJU) di Ponorogo akan dipasangi meteran untuk pemantauan pemakaian dan penghematan pembayaran tagihan.

Penghematan ini muncul dari pemantauan pemakaian listrik yang terpakai oleh tiap titik yang ada. Dalam perhitungan kasar, pembayaran listrik ke PLN yang selama ini mencapai Rp900 jutaan atau hampir Rp1 miliar tiap bulan akan menjadi sekitar Rp600 jutaan saja. Tentu saja hal ini akan membuat pengeluaran pemerintah lebih sedikit dari sisi energi.

Djunaidi mengatakan, tujuan yang lebih utama adalah bentuk nyata pengembalian uang yang telah dikeluarkan warga kepada negara. Sehingga, kata Junaidi, tidak hanya PJU milik pemerintah saja yang didata dan akan dipasangi meteran, tapi juga ‘PJU liar’. Hal ini karena ‘PJU liar’ juga menerangi jalan umum.

“Warga kan sudah membayar retribusi untuk PJU dalam setiap pembayaran tagihan listriknya, maka wajib dikembalikan dalam bentuk membayari listrik PJU warga. Ini upaya juga memeratakan penerangan di seluruh wilayah kabupaten,” terangnya.

Saat ini sudah ada 111 PJU yang telah dipasangi meteran listrik. Di seluruh Ponorogo, terdapat sekitar 4.250 titik PJU yang akan terdata. Ini belum termasuk ‘PJU liar’ yang jumlahnya sekitar 20 persen dari jumlah PJU milik Pemkab Ponorogo dan juga PJU taksasi.

“Untuk sementara rekap titik yang disurvei belum selesai. Tapi survei terus dilakukan,” ulasnya. Soal waktu pemasangan meteran diperkirakan setelah survei selesai. (kominfo/dist)