Breaking News
  • Home
  • News
  • Anggaran ACS Bakal Ditambah, 2019 Jadi Rp2 M

Anggaran ACS Bakal Ditambah, 2019 Jadi Rp2 M

By on October 30, 2018 0 247 Views

PENGHARGAAN dari Gubernur Jawa Timur dan utamanya manfaatnya yang benar-benar dirasakan oleh para pelajar, membuat program Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) akan ditambahi anggarannya pada 2019 mendatang.

Bupati Ponorogo Ipong muchlissoni saat menerima penghargaan sebagai Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Tingkat Jawa Timur 2018 pada kategori Tata Kelola Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien dan Berkinerja Tinggi di Surabaya Senin (22/10/2018).

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan, saat ini ACS telah melibatkan 41 armada dengan dananya sebesar Rp1,3 miliar. “Tahun depan (2019) akan kita tambah agar bisa sampai sekitar 60 unit ACS yang melayani para pelajar itu. Ya mungkin akan sampa Rp2 miliar selama satu tahun,” ungkap Bupati Ipong, Selasa (30/10/2018).

Dishub Ponorogo saat in bekerja sama dengan sejumlah pengusaha angkutan. Unitnya berupa mobil penumpang kecil alias angkodes dan minibus. Setiap pagi dan siang, mereka melayani pulang dan pergi sekolah para pelajar secara gratis.

“Kalau sekarang sekitar 600 sampai 650 pelajar yang bisa terangkut. Harapannya, nantinya bisa sampai seribuan pelajar yang terangkut. Kita berharap DPRD akan menyetujui,” ungkap Bupati Ipong.

Peningkatan anggaran ini, kata Bupati Ipong, bukan sekadar soal jumlah unit. Pelayanan juga akan diupayakan untuk meningkat. Hal ini meliputi banyak hal termasuk kenyamanan kendaraannya.

ACS merupakan program dari Pemkab Ponorogo yang memfasilitasi pelajar setingkat SMP dan SMA untuk bisa berangkat dan pulang sekolah dengan mudah secara gratis. Program ini muncul untuk menekan tingginya angka kecelakaan dengan pelaku dan korban para pelajar karena banyak pelajar yang menaiki kendaran meski belum cukup umur untuk mendapatkan SIM. Kebanyakan pelajar juga belum cukup matang mentalnya untuk mengendarai motor.

ACS mendapatkan penghargaan sebagai Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Tingkat Jawa Timur 2018 pada kategori Tata Kelola Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien dan Berkinerja Tinggi.

Inovasi yang mendapatkan penghargaan aplikasi ACS yang terdiri dari ACS Siswa untuk pengguna jasa ACS, ACS Driver untuk pengemudi armada ACS dan ACS Center untuk petugas yang memonitor unit yang bergerak. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *