Breaking News
  • Home
  • News
  • Antisipasi Pohon Tumbang, Belasan Petugas Dinas Lingkungan Hidup Siaga 24 Jam

Antisipasi Pohon Tumbang, Belasan Petugas Dinas Lingkungan Hidup Siaga 24 Jam

By on January 24, 2019 0 160 Views

HUJAN deras disertai angin yang melanda Ponorogo akhir-akhir ini membuat Dinas Lingkungan Hidup setempat disiagakan 24 jam. Mereka juga berpatroli memantau kondisi pepohonan di tepian jalan wilayah kota demi menekan resiko pohon tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo Sapto Jatmiko, Kamis (24/1/2019) mengatakan, ada dua kelompok yang masing-masing terdiri dari enam hingga delapan petugas dari DLH yang disiagakan selama musim penghujan ini.

“Tugas yang utama adalah berkeliling memantau pohon-pohon yang ada di wilayah Adipura (seputar kota Ponorogo). Dilihat kondisi cabang dan rantingnya, apakah ada yang rawan patah atau tidak. Apakah daun-daunnya terlalu rimbun atau tidak. Semua kita pantau untuk meminimalkan kejadian pohon tumbang,” ungkap Sapto.

Yang agak sulit adalah akar sebab tidak terlihat karena memang terpendam dalam tanah. Akar yang keropos tidak bisa terdeteksi.

“Kalau soal pohon tumbang sampai ke akar beberapa waktu ini, penyebabnya bukan hanya angin kencang. Ada karena akar yang keropos dan ada juga karena posisinya dengan bangunan-bangunan lain (yang menyebabkan akarnya lemah). Ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan pohon tumbang,” ungkap Sapto.

Pada Rabu (23/1/2019) petang belasan pohon di Ponorogo tumbang. Lima di antaranya adalah pohon yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup. Yang lainnya adalag pohon yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ponorogo.

Sementara itu prakiraan cuaca menyebutkan kondisi ekstrem seperti hujan dan angin masih akan berlangsung hingga akhir Januari. Warga diminta berhati-hati dan waspada setiap kali terjadi hujan angin. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *