Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Antisipasi Ramadhan, PMI Layani Donor Malam Hari dan Keliling Masjid

Antisipasi Ramadhan, PMI Layani Donor Malam Hari dan Keliling Masjid

By on May 11, 2018 0 312 Views

Warga bisa meminta petugas untuk melakukan donor darah secara berkelompok dengan pelayanan pada malam hari selama bulan puasa.

STOK darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo pada Jumat (11/5/2018) dinyatakan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan darah untuk transfusi di sejumlah rumah sakit di Ponorogo. Namun untuk mengantisipasi penurunan jumlah pendonor saat puasa, PMI telah bersiap untuk melayani donor darah pada malam hari.

Petugas UTD PMI Kabupaten Ponorogo menunjukkan stok darah di depan blood bank , Jumat (11/5/2018)

Kepala UTD PMI Kabupaten Ponorogo Andi Nurdiana mengatakan, stok darah memang cukup banyak. Baik berupa darah penuh atau whole blood, maupun darah pekat.

 

“Cukup banyak stoknya. Tapi kami tetap berkoordinasi denganpara relawan pendonor. Terutama yang sudah empat bulan tidak mendonorkan darah, maka pada saat Ramadhan nanti kita ingatkan untuk mendonor. Kita sudah buatkan jadwal untuk mereka dan ternyata repons mereka sangat baik,” ungkap Andi di kantornya, Jumat (11/5/2018).

Kelompok-kelompok relawan donor darah, kata Andi, banyak yang meminta agar petugas bisa menggelar donor darah pada saat sesudah berbuka puasa. “Banyak kelompok yang meminta kami datang bakda asar dan segera dimulai begitu magrib atau setelah berbuka puasa,” imbuh Andi.

Petugas UTD PMI Kabupaten Ponorogo saat melakukan pengecekan stok darah di ruangan penyimpan darah, Jumat (11/5/2018)

Petugas juga akan berkeliling ke sejumlah masjid yang jamaahnya banyak. Seperti di Masjid Tegalsari Jetis, Masjid Agung dan Masjid Baitul Mukhlisin.

“Kami sendiri di sini (di Kantor UTD PMI Jalan dr Sutomo) juga siap melayani sampai malam hari. Mereka yang selesai tarawih bisa mendonor dan segera bisa rehidrasi,” terangnya.

Pemenuhan di bulan puasa tersebut, kata Andi, karena pada Syawal atau setelah lebaran PMI akan akan butuh banyak darah. Ini karena saat puasa biasanya permintaan transfusi menurun namun meningkat lagi pada saat usai Hari Raya Idul Fitri.

Petugas UTD PMI Kabupaten Ponorogo saat melakukan pengecekan stok darah di blood bank PMI Ponorogo, Jumat (11/5/2018)

“Karena itulah kondisi tersebut harus diantisipasi pada bulan puasa. Permintaan transfusi di rumah-rumah sakit akan melonjak setelah lebaran,” pungkasnya.

Pada Jumat (11/5/2018), stok darah di UTD PMI Kabupaten Ponorogo mencapai 116 kantong untuk golongan darah A whole blood dan 21 kantong untuk golongan darah A pekat; 137 kantong B whole blood dan 12 kantong B pekat; 2 kantong AB whole blood dan 1 kantong AB pekat, dan 49 kantong golongan darah O whole blood dan 6 kantong golongan darah O pekat. Sedangkan untuk persediaan trombosit terdapat 1 kantong. (kominfo/dist)