Aserehe Minuman Khas dari Jurug Sooko

Aserehe Minuman Khas dari Jurug Sooko

Aserehe Minuman Khas dari Jurug Sooko

Comments Off on Aserehe Minuman Khas dari Jurug Sooko
Sooko – Jurug merupakan sebuah Desa yang terletak di ujung Ponorogo Bagian Timur. Desa yang masuk di wilayah Kecamatan Sooko ini berbatasan dengan Kecamatan Pudak.
Meski dengan wilayah yang dikelilingi perbukitan geliat ekonomi Jurug tidak tenggelam. Terbukti banyaknya home Industri yang dibina oleh PKK  di Desa tersebut.
“Home insustri di sini kebanyakan kuliner. Yang semua di bawah binaan dan dikelola langsung oleh Ibu ibu PKK Desa,” terang Danan Prihantoko, Kepala Desa Jurug.
Home Insustri kuliner ini tersebar di masing masing dukuh yang ada.
“Aneka Kripik di Plongko dan Serayu. Setumbal dengan Roti Jahe. Minuman khas di Plongko,” tambah Danang (Panggilan akrab Kades Jurug).
Sedangkan produck yang saat ini di unggulkan adalah minuman Aserehe. Disebut Aserehe, minuman tersebut berbahan baku, Gula Aren, Sere dan Jahe. Yang kemudian di singkat aserehe. Minuman tersebut sudah 2 tahun dikembangkan oleh ibu ibu PKK di Desa Jurug.
“Tapi hingga saat ini pemasaran masih  berkutat pada pasar lokal. Baik itu lokal Sooko dan meluas untuk wilayah Ponorogo,” terang Danang.
Sebetulnya minuman Aserehe, ini adalah minuman yang ramah. Menurut Danang, minuman ini, bisa diminum campur kopi maupun sendiri. Selain itu juga tepat bagi wilayah dingin, karena bisa mengusir hawa dingin.
“Minuman ini, juga bisa unyuk menjaga kesehatan. Karena semua orang tahu dan percaya akan khasiat dari Jahe,” tegas Kepala Desa yang sudah dua pereode menjabat ini. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Tags:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top