Breaking News
  • Home
  • News
  • Awas Buang Sampah Disungai Bisa Kena Sanksi !!!

Awas Buang Sampah Disungai Bisa Kena Sanksi !!!

By on October 23, 2018 0 256 Views

Terkait penumpukan sampah yang berada di bawah jembatan khususnya di jalan Ir. Juanda, yang di keluhkan oleh masyarakat beberapa hari lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ponorogo langsung memberikan tanggapan terkait sampah yang berada di bawah kolong jembatan yang berada di jalan Ir. Juanda.

Sapto Djatmiko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo

Sapto Djatmiko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo menuturkan terkait tumpukan sampah dan menutup aliran sungai yang berada di kolong jembatan itu dari masyarakat sekitar. dan untuk kewenagan aliran sungai ini ada kewenangannya sendiri yaitu Daerah Aliran Sungai (DAS) Solo, DAS Brantas, dll. “Kalau yang ada di Kabupaten Ponorogo itu kewenangan dari DAS Solo dalam hal aliran sungai,” ungkapnya Selasa (23/10)

Pihaknya sangat menyesalkan adanya masyarakat yang belum menyadari dan memahami dampak membuang sampah di aliran sungai bila musim penghujan tiba. “Nanti bisa menyebabkan banjir, kan menanggung masyarakat sendiri atas tidak sadarnya akan kebersihan aliran sungai,” imbuhnya

Sapto juga menjelaskan terkait regulasi tentang adanya larangan membuang sampah di aliran sungai, sebernarnya sudah tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) No. 5 tahun 2011 pasal 10 ayat 2 “Perda ini sudah ada sejak tahun 2011 dan sudah pernah disosialisasikan kepada masyarakat sejak bupati terdahulu,” jelasnya.

Perda No, 5 tahun 2011 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, pasal 10 ayat 2 sudah mengatur tentang larangan membuang sampah sembarangan apalagi di sungai berikut sanksinya juga sudah teruang dalam BAB XIII pasal 38 ayat 1 dengan ancaman pidana paling lama 60 hari dan dendan maksimal Rp 50 Juta.. “Kita harapkan masyarakat ikut berpartisipasi untuk tidak membuang sampah di aliran sungai, dan mempunyai pemahaman tentang regulasi yang sudah ada dan bisa dipakai untuk melarang orang lain membuang sampah di sungai,” tungkasnya.

Sapto juga sudah berkoordinasi dengan DAS Solo terkait pemasangan papan pengumuman untuk tidak membuang sampah di beberapa sungai sesuai regulasi yang ada, “Nantinya untuk Tahun Anggaran 2019 bakal dipasang semua di seluruh sungai yang potensi adanya pembuangan sampah,”pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *