Breaking News
  • Home
  • News
  • Bacaleg Perempuan Ponorogo Lebihi 40 Persen

Bacaleg Perempuan Ponorogo Lebihi 40 Persen

By on July 18, 2018 0 336 Views

PEREMPUAN Ponorogo bakal semakin terwakili bila pada bakal calon anggota legislatif (bacaleg) atau anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) perempuan yang mendaftar mendapatkan suara yang cukup untuk duduk di kursi penyerap aspirasi rakyat.

Sampai Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB atau batas akhir penerimaan berkas bacaleg, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo telah menerima 453 berkas. Artinya, setidaknya akan ada 453 calon anggota DPRD dari parpol peserta pemilu yang harus bertarung di ajang pemilihan umum legislatif atau pileg pada 2019 mendatang. Dari jumlah ini, sebanyak 197 di antaranya adalah bacaleg perempuan.

“Sebanyak 43,49 persen adalah bacaleg perempuan,” ungkap Ketua KPU Ponorogo Ikhwanudin Alfianto, Rabu (18/7/2018).

Menurut Ikhwanudin, jumlah ini memang meningkat dari tahun lalu meskipun hanya tipis saja. Lima tahun lalu, jumlahnya tidak jauh berbeda, tapi memang masih di bawah 43 persen. Hanya saja memang belum tentu keterwakilan 30 persen dari masing-masing partai tercukupi. Ada yang lebih, ada pula yang kurang.

Sedangkan secara umum, jumlah pendaftar bacaleg tidak jauh berbeda dengan lima tahun lalu. Hanya saja, rasio pendaftar dari masing-masing partai menurun. “Kalau lima tahun lalu kan ada 14 parpol saat ini ada 16 parpol,” ujarnya.

Ke-453 bacaleg ini mendaftar dari 15 parpol yang ada di Ponorogo. Ada satu parpol, yaitu PKPI yang tidak mendaftarkan bacalegnya di pileg Ponorogo. Satuparpol mendaftar di H-1 penutupan pendaftaran atau tanggal 16 Juli lali. Sedangkan 13 parpol lainnya mendaftar di hari terakhir atau 17 Juli, bahkan ada yang mendaftar pada jelang detik-detik penutupan pandaftaran.

“Tapi saya tidak bisa mengartikan ini sebagai rendahnya antusiasme para bacaleg. Mungkin strategi atau bagaimana kan kita tidak tahu,” ujarnya menanggapi pertanyaan tentang banyaknya keluhan parpol yang kesulitan mendapatkan personel untuk dijadikan bacaleg.

Dari parpol-parpol, lanjut Ikhwanudin, hanya sebagian kecil saja yang mendaftarkan bacaleg sesuai jumlah kursi DPRD Ponorogo yaitu 45 buah. Sebagian besar mendaftarkan kurang dari setengah jatah mereka. Bahkan ada yang hanya mendaftarkan tiga orang saja.

“Ada PKP, PDI-P, Golkar, Nasdem itu yang 100 persen (mendaftarkan 45 bacaleg). Ada yang hanya tiga orangbacaleg. Ya berarti kurang dari 10 persen, kan kursi jatah mereka 45 bacaleg,” ungkapnya.

Para bacaleg ini akan berkompetisi di enam daerah pemilihan (Dapil) di seluruh Kabupaten Ponorogo. Dapil-dapil tersebut masih sama dengan komposisi dapil pada pemilu legislatif lima tahun lalu. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *