Breaking News
  • Home
  • News
  • Baru Dilantik, 60 Kades Baru Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

Baru Dilantik, 60 Kades Baru Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

By on September 26, 2018 0 255 Views

PUNGLI atau pungutan liar menjadi materi yang diberikan Satgas Saber Pungli POnorogo kepada para kepala desa hasil Pilkades Serentak 2018 yang baru dilantik 13 September lalu. Mereka diberi pemahaman agar menjauhi praktek yang bisa mereksahkan masyarakat dan berujung pidana.

Kepala Inspektorat Kabupaten Ponorogo Hadi Prayitno di sela Sosialisasi Saber Pungli di Ruang Bantarangin Gedung Graha Kridha Praja Pemkab Ponorogo, Rabu (26/9/2018) mengatakan, para kades tersebut harus dibekali dengan pengetahuan tentang praktek pungli agar bisa menghindari praktek ini. Hal ini karena di desa para kades sering melakukan fungsi-fungsi pelayanan publik, pengelolaan anggaran dan anggaran itu dibutuhkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Para pemateri dalam Sosialisasi Anti Pungli dari Satgas Pungli di Ruang Bantarangin, Gedung Graha Kridha Praja, Rabu (26/9/2018).

“Sehingga mereka perlu kita beri pemahaman terkait tugas mereka agar dalam melaksanakan tugas dan mengelola DD dan ADD atau dana lain. Ini agar mereka tidak melakukan pungli yang meresahkan masyarakat,” ungkapnya.

Ada bbeberapa hal yang ditekankan dalam sosialisasi ini. Di ntarnaya adalah adalah pada pungutan terkait perdes pesertifikatan tanah, pungutan untuk pengadaan barang dan jasa atas DD dan ADD, pungli atas pelayanan jasa atas pembuatan KTP dan pungli penerbitan dokumen-dokumen lain yang diperlukan masyarakat.

“Kalau yang tidak ada biaya ya harus gratis, kalau ada yang berbiaya ya kutip sebesar ketentuan saja. Jangan menjanjikan mempercepat penerbitan dokumen dan minta tambahan biaya lebih,” contoh Hadi.

Kepala Inspektorat Kabupaten Ponorogo Hadi Prayitno

Pemateri dari Pemkab Ponorogo Joni Widarto lebih banyak menerangkan dasar-dasar hukum dan ketentuan terkait penerbitan sertifikat tanah. Menurutnya hal ini perlu diketahui oleh para kades sebab mereka lah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk pengurusan tanah, jual beli tanah dan sejenisnya.

Sedangkan pemateri dari Kejaksaan Negeri Ponorogo, Kasi Intel Kejari Ponorogo Iwan Winarso membeberkan berbagai dasar hukum terkait berbagai hal yang bisa menyangkut kades dalam kasus pungli ini. Ia juga menerangkan akibat bila seseorang melakukan pungli. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *