Breaking News
  • Home
  • News
  • BPNT untuk 80 Ribuan Keluarga Sudah Cair

BPNT untuk 80 Ribuan Keluarga Sudah Cair

By on October 26, 2018 0 326 Views

BANTUAN Pangan Non-Tunai (BPNT) sebagia pengganti program Beras Sejahtera (Rastra) untuk Ponorogo sudah cair. Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo saat ini tinggal memantau pembelanjaan beras dan telur oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinsos Kabupaten Ponorogo Sumani mengatakan, sesuai jadwal, BPNT sudah turun pada tanggal 25 Oktober 2018 atau Kamis kemarin. “Itu sudah pas dengan jadwal, yaitu tanggal 25 tiap bulannya. Dana dari pemerintah pusat sudah masuk ke rekening masing-masing KPM,” ugkapnya Jumat (26/10/2018).

Warga Desa Bringinan yang merupakan KPM antusias melakukan pencairan BPNT.

Dikatakannya, dana tersebut besarnya adalah Rp110 ribu per bulan. Untuk penerimaan Oktober, dana yang ditransfer ke KPM adalah Rp220 ribu. Ini karena dana yang diberikan adalah jatah untuk dua bulan, September dan Oktober 2018. Kemungkinan, pada bulan berikutnya juga ditransfer setiap dua bulan.

“Artinya transferan berikutnya adalah di Desember untuk jatah November dan Desember 2018,” terang Sumani

Pada hari ini dan beberapa hari ke depan, petugas dari Dinsos Ponorogo akan melakukan pemantauan pencairan dana BPNT ini. Pencairannya harus berupa beras dan telur ayam. Banyaknya belanjaan harus sesuai dengan jatah dan kebutuhan keluarga tersebut.

Stok beras dan telur di salah satu gudang BUMDes di Ponorogo.

“Kita pantau e-warong dan BUMDes yang melakukan penyaluran. Seperti apa pencairan oleh KPM. Kalau sementara mereka tampak cukup antusias dengan model ini,” ucap Sumani.

Untuk jumlah KPM, Sumani menyatakan ada penambahan dari jumlah keluarga penerima program Rastra. Kalau penerima rastra jumlahnya adalah 68.171 KPM, maka penerima BPNT mencapai 80.321 KPM. Ada tambahan sekitar 15 ribu KPM yang ditentukan oleh pemerintah pusat. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *