Breaking News

Bupati Ipong Minta Maaf

By on September 21, 2018 0 311 Views

Terkait penyataan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni yang membolehkan kepala desa (kades) menjadi anggota tim kampanye pemilu 2019 pada pelantikan kades pekan lalu. Ipong Muchlissoni, Kamis, (20/9) akhirnya meminta maaf secara terbuka atas pernyataannya tersebut kepada awak media.

Ipong Muhclissoni, Bupati Ponorogo, saat menghadiri lomba cipta menu di Gedung Sasana Praja

Ipong beralasan saat melontarkan pernyataan kemarin itu dan berencana ingin memasukkan kades ke dalam tim kampanye pemenangan pemilu 2019 belum mempelajari peraturannya secara utuh. Sehingga, terjadi multitafsir, kendati sebelumnya dia juga telah menerima penjelasan dari KPU pusat melalui pesan singkat bahwa kades memang diperbolehkan ikut terdaftar dalam anggota tim kampanye, asalkan mengajukan cuti kampanye.

Akan tetapi pernyataan tersebut segera diralat Ipong, setelah dirinya mendapat penjelasan dari Ketua Bawaslu Ponorogo, Muhammad Syaifulloh perihal boleh tidaknya kades menjadi anggota tim kampanye pada pemilu 2019. “Saya mengaku apa yang saya sampaikan pada saat pelantikan kades ketika itu salah ! Dan untuk itu saya mohon maaf,” katanya disela-sela acara cipta menu di Gedung Sasana Praja, kemarin.

Ipong menambahkan setelah membaca dan mempelajari lebih lanjut UU 6/2014 tentang desa dan UU 7/2017 tentang pemilu berikut peraturan turunannya memang disebutkan bahwa kades dilarang ikut kampanye. Bahkan, dalam aturan tersebut juga tidak disebutkan bahwa kades bisa mengajukan cuti kampanye. “Untung saat itu saya menyampaikan bahwa kades boleh berpolitik kalau memang sesuai aturan (diperbolehkan). Tetapi, karena aturannya menyebutkan tidak boleh, ya sudah,” terangnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *