Bupati Ipong Tegaskan Tak Perlu Khawatir Reyog dan Seni Budaya Ponorogo Akan Punah

Bupati Ipong Tegaskan Tak Perlu Khawatir Reyog dan Seni Budaya Ponorogo Akan Punah

Bupati Ipong Tegaskan Tak Perlu Khawatir Reyog dan Seni Budaya Ponorogo Akan Punah

Comments Off on Bupati Ipong Tegaskan Tak Perlu Khawatir Reyog dan Seni Budaya Ponorogo Akan Punah

PONOROGO, – Disela menyampaikan sambutannya terkait pelaksanaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo ke-521 malam ini, Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni, menegaskan bahwa masyarakat Ponorogo tidak perlu khawatir lagi bahwa seni reyog khususnya, dan seni-seni budaya lainnya akan punah. Jaminan kelestarian budaya daerah itu, disimpulkan Bupati dari upaya pembinaan dan pelestarian budaya di Kabupaten Ponorogo yang sudah dilakukan dengan baik ditingkat generasi muda dan anak-anak.

Ditegaskan Bupati bahwa generasi muda usia di Ponorogo saat ini semakin banyak yang menggemari seni budaya. Sekolah makin banyak yang punya reyog. Jumlah dan kualitas seni reyog mereka semakin meningkat.

“Jadi tidak usah khawatir budaya kita ini akan punah. Tidak perlu takut budaya kita diakui Malaysia. Karena saat ini kita terus mengupayakan pendaftaran seni reyog kita ke Unesco PBB. Agar nanti tidak ada yang berani mengaku-ngaku lagi,” tegas Bupati berapi-api.

Pemerintah daerah sendiri ditegaskan Bupati, menjadikan sektor budaya ini sebagai salah satu prioritas. Sehingga tercantum dalam motto pemerintahannya saat ini, yaitu Menuju Ponorogo Lebih Maju, Berbudaya dan Religius.

“Grebeg Suro dengan Festival Reyog Mini dan Festival Nasional Reyog Ponorogo adalah sebagai salah satu wadah seni budaya. Masih ada wadah-wadah lain untuk budaya seperti Reyog dan wayang kulit sebulan sekali. Juga lomba tingkat pelajar rutin tahunan berupa karawitan atau mocopat,” tegasnya.

Selanjutnya, pemerintah daerah sendiri saat ini juga menyediakan dan memberikan bantuan bagi beberapa grup reyog untuk dana pengembangan, walau belum semua.

Masih dari pembukaan Grebeg Suro dan Hari Jadi, Bupati juga didaulat menerima lalu meneruskan Piala Festival Reyog Mini dan Piala Presiden Festival  Nasional Reyog Ponorogo dari juara tahun lalu, diserahkan kepada Ketua Umum Panitia, Sekda Dr. Agus Pramono, MM. (Kominfo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top